ISWANTI WIDI, UTAMI (2012) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH SOKONANDI YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
|
Text
cover - 08108244034.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
bab 1 - 08108244034.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2 - 08108244034.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text
bab 5 - 08108244034.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text
lampiran - 08108244034.pdf Download (16MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar matematika kelas V SD Muhammadiyah Sokonandi Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Muhammadiyah Sokonandi Yogyakarta. Objek penelitian ini berupa lingkungan belajar siswa, yang meliputi lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat di sekitar tempat tinggal siswa, yang mencakup suasana dan interaksi di sekitar tempat tinggal siswa tersebut. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu skala likert dan tes hasil belajar yang telah diuji validitas, reliabilitas, dan daya bedanya. Uji validitas instrumen menggunakan teknik validitas empiris dan dihitung dengan korelasi product moment, sedangkan reliabilitasnya menggunakan teknik reliabilitas internal consistency dikoreksi dengan rumus koefisien alpha. Hasil validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa dari 20 butir soal instrumen skala lingkungan belajar, jumlah soal yang valid sejumlah 17 butir soal dan untuk instrumen tes hasil belajar sebanyak 18 butir soal. Untuk instrumen tes hasil belajar menunjukkan bahwa 2 butir soal dengan kriteria baik dan 16 butir soal dengan kriteria cukup. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan teknik korelasi product moment dan analisis regresi. Perhitungan dan analisisnya menggunakan analisis data SPSS. Bentuk pengaruh dari lingkungan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa dapat digambarkan pada persamaan regresi Y = -0,541 + 0,200x. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada kecenderungan semakin besar pengaruh lingkungan belajar maka akan semakin besar hasil belajar matematikanya. Sebaliknya, jika semakin kecil pengaruh lingkungan belajar , maka akan semakin rendah hasil belajar matematikanya. Hal ini disebabkan oleh lingkungan belajar siswa akan mendorong siswa untuk meningkatkan hasil belajar terutama dalam pembelajaran matematika. Suasana dan hubungan di dalam keluarga maupun dengan masyarakat di sekitar tempat tinggal siswa, memberikan pengaruh terhadap hasil belajar yang dicapai siswa. Pengaruh antara lingkungan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa dapat dilihat dari koefisien korelasi dan berdasarkan hasil analisis data diperoleh koefisien korelasi atau p sebesar 0,414. Besarnya pengaruh atau kontribusi adalah 17,1% dengan persamaan regresi Y = -0,541 +0,200x, sisanya 82,9% ditentukan oleh faktor lain. Kata kunci : lingkungan belajar, hasil belajar siswa, mata pelajaran matematika
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | lingkungan belajar, hasil belajar siswa, mata pelajaran matematika. |
Subjects: | Perpustakaan Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 28 Nov 2012 01:14 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 17:14 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7800 |
Actions (login required)
View Item |