IMPLEMENTASI PROGRAM DIKLAT KEARSIPAN BAGI PEGAWAI DI LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI WILAYAH V DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Pahlevi, Reza (2022) IMPLEMENTASI PROGRAM DIKLAT KEARSIPAN BAGI PEGAWAI DI LEMBAGA LAYANAN PENDIDIKAN TINGGI WILAYAH V DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Reza Pahlevi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi diklat kearsipan LLDIKTI Wilayah V DI Yogyakarta yang terdiri dari: (1) Perencanaan diklat; (2) Pelaksanaan diklat; (3) Evaluasi diklat; dan (4) Faktor pendukung dan faktor penghambat diklat yang ditinjau dari perspektif keilmuan Teknologi Pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan peneliti sebagai instrumen utama dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah penyelenggara diklat, widyaiswara diklat, dan peserta diklat. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pembuktian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian implementasi diklat kearsipan didapatkan bahwa: (1) Perencanaan diklat dilakukan LLDIKTI dan UNY, meliputi identifikasi dan analisis kebutuhan, penentuan waktu dan tempat, pemanggilan peserta, serta pembiayaan; (2) Pelaksanaan diklat meliputi sepenuhnya dilakukan UNY, meliputi registrasi peserta, pembagian paket, pembukaan, sambutan, pengarahan tujuan, penyampaian materi, studi banding, diskusi dan tanya jawab, evaluasi penyelenggara, serta penutup; (3) Evaluasi diklat dilakukan LLDIKTI dan UNY, meliputi: pembuatan laporan pertanggung jawaban dan evaluasi penyelenggaraan. Terdapat faktor pendukung diklat yaitu pembiayaan, sarana prasarana lengkap, widyaiswara dan panitia yang berkompeten, media pembelajaran dan skenario diklat yang baik. Sedangkan faktor penghambat diklat yaitu perubahan jadwal diklat dan peserta yang berasal Subbag yang berbeda-beda.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Diklat, Arsip, LLDIKTI, Teknologi Pendidikan
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 07 Jun 2023 06:18
Last Modified: 07 Jun 2023 06:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77998

Actions (login required)

View Item View Item