Hubungan Daya Tahan dan Kecepatan Reaksi Terhadap Ketepatan Pukulan Forehand Drive Pada Atlet Tenis Meja di Kabupaten Sleman

Asy’ary, Chukaim Alief (2023) Hubungan Daya Tahan dan Kecepatan Reaksi Terhadap Ketepatan Pukulan Forehand Drive Pada Atlet Tenis Meja di Kabupaten Sleman. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_chukaim alief asyary_19602241065.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan daya tahan dan kecepatan reaksi terhadap ketepatan pukulan forehand drive atlet tenis meja yang berada di Klub Kabupaten Sleman Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan teknik korelasional. Teknik pengambilan data menggunakan tes dan pengukuran. Populasi pada penelitian ini adalah atlet tenis meja yang sedang berlatih dan tergabung di klub yang berada di Kabupaten Sleman sebanyak 33 klub. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, dari total 33 klub diambil 1 sampel yaitu klub tenis meja Galaxy Star dengan total 25 atlet, sehingga didapat 18 atlet kategori yang memenuhi syarat. Kriteria sampel dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: a. atlet laki-laki dan perempuan yang sudah berlatih selama 1 tahun di klub, b. atlet junior berusia 13-18 tahun, c. pernah mengikuti kejuaraan resmi ataupun terbuka, d. bersedia hadir pada saat pengambilan data penelitian. Teknik analisis data menggunakan uji analisis varian untuk regresi sedangkan hipotesis menggunakan korelasi. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat hubungan sebesar 0.823 atau 57,2% dari daya tahan terhadap ketepatan pukulan forehand drive(2) Terdapat hubungan sebesar 0.727 atau 8,2% dari kecepatan reaksi terhadap ketepatan pukulan forehand drive (3) Terdapat hubungan sebesar 0.825 atau 65,4% antara daya tahan dan kecepatan reaksi terhadap ketepatan pukulan forehand drive.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Faidillah Kurniawan, M.Or.
Uncontrolled Keywords: tenis meja, daya tahan, kecepatan reaksi, ketepatan pukulan forehand drive
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 20 Jul 2023 02:57
Last Modified: 20 Jul 2023 02:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77904

Actions (login required)

View Item View Item