Pengembangan SORSA Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Lari Jarak Pendek Peserta didik Tunanetra

Wili, Neysha Sarita (2023) Pengembangan SORSA Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Lari Jarak Pendek Peserta didik Tunanetra. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_neysha sarita wili_21633251013.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media berupa alat sensor getar ”Sorsa” untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran lari jarak pendek peserta didik tunanetra. Media ini dikembangkan sesuai kebutuhan anak tunanetra yang tidak dapat melihat arah dalam melakukan aktivitas. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang menghasilkan sebuah produk berupa media alat bantu dan buku pedoman yang berisi langkah-langkah penggunaan alat yang dikembangkan dan diharapkan mampu membantu proses pembelajaran peserta didik anak berkebutuhan khusus khususnya tunanetra di SLB. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE (Analysis-Design-Develop-Implement-Evaluate). Alasan peneliti memilih model ADDIE dikarenakan model pengembangan ini lebih efektif dan tahapan kerja lebih sistematik. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini, untuk uji kecil di SLB TPI Medan, dan untuk uji besar dilakukan di SLB se-Kabupaten Gunungkidul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; penilaian ahli materi menyatakan sangat layak dengan persentase layak 60%, sangat layak 40% dan ahli media menyatakan sangat layak dengan persentase 60% layak, 40% sangat layak. Untuk melihat hasil uji efektivitas, peneliti menggunakan uji-t yang menunjukkan bahwa hasil pretest dan posttest pada peserta didik tunanetra dapat dilihat bahwa asymp.Sig.(2-tailed) sebesar 0,000. Hasil tersebut < 0,05 sehingga dapat diputuskan bahwa Ha yang menyatakan “hasil belajar sebelum diberikan media pembelajaran sorsa tidak sama dengan hasil belajar setelah diberikan media pembelajaran sorsa”, diterima. Artinya, terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan pada pretest dan posttest peserta didik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada efektivitas hasil belajar peserta didik tunanetra dalam materi lari jarak pendek menggunakan media alat sensor getar pada peserta didik tunanetra.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Eddy Purnomo, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, alat sensor, lari jarak pendek, tunanetra, Sekolah Luar Biasa
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 18 Jul 2023 07:48
Last Modified: 18 Jul 2023 07:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77891

Actions (login required)

View Item View Item