Implementasi Model Pembelajaran Hellison Untuk Mengembangkan Nilai Tanggung Jawab Peserta Didik Kelas 5 SD Dalam Pembelajaran Pencak Silat

Saputro, Gulpa Satrio (2023) Implementasi Model Pembelajaran Hellison Untuk Mengembangkan Nilai Tanggung Jawab Peserta Didik Kelas 5 SD Dalam Pembelajaran Pencak Silat. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_gulpa satrio saputro_19604221041.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat tanggung jawab siswa kelas V SD Negeri Pujokusuman 1 Yogyakarta. Sikap bertanggung jawab adalah pola pikir dan perilaku yang diperlukan untuk menjunjung tinggi kewajiban seseorang terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial, dan budaya), negara seseorang, dan nilai-nilai seseorang. Penelitian dilakukan di SDN 1 Pujokusuman Kecamatan Mergangsan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Kota Yogyakarta. Instrumen kuesioner digunakan dalam strategi eksperimen, 29 anak kelas V SD Negeri Pujokusuman 1 Yogyakarta menjadi peserta penelitian. Sampel diperoleh dari hasil cluster random sampling. Teknik pembelajaran Hellison dan metode Pembelajaran Kooperatif Jigsaw masing-masing digunakan pada kelompok eksperimen dan kontrol dari sampel. strategi analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan persentase. Penelitian dilakukan dua kali seminggu selama tiga minggu. Instrumen yang digunakan adalah angket pertanggungjawaban. Uji-t berpasangan digunakan untuk analisis data dalam SPSS 25. Temuan menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,048<0,05; karena nilai ini kurang dari 0,05, dapat disimpulkan bahwa pengajaran pencak silat dengan model Hellison akan mendorong murid untuk mengambil tanggung jawab yang lebih besar. Hasil ini mendukung hipotesis bahwa paradigma metode pembelajaran Hellison dapat berdampak besar pada sikap tanggung jawab siswa kelas V di SDN Pujokusuman 1 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Soni Nopembri, Ph.D.
Uncontrolled Keywords: tingkat tanggung jawab, peserta didik kelas V
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 11 Jul 2023 08:01
Last Modified: 11 Jul 2023 08:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77890

Actions (login required)

View Item View Item