Hubungan Daya Tahan Otot Lengan, Kekuatan Otot Lengan, Koordinasi, dan Keseimbangan Terhadap Akurasi Memanah Atlet Panahan di Kabupaten Bantul

Subekti, Okka Bagus (2023) Hubungan Daya Tahan Otot Lengan, Kekuatan Otot Lengan, Koordinasi, dan Keseimbangan Terhadap Akurasi Memanah Atlet Panahan di Kabupaten Bantul. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_okka bagus subekti_21632251032.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hubungan daya tahan otot lengan terhadap akurasi memanah atlet Panahan di Kabupaten Bantul. (2) Hubungan kekuatan otot lengan terhadap akurasi memanah atlet Panahan di Kabupaten Bantul. (3) Hubungan koordinasi terhadap akurasi memanah atlet Panahan di Kabupaten Bantul. (4) Hubungan keseimbangan terhadap akurasi memanah atlet Panahan di Kabupaten Bantul (5) Hubungan daya tahan otot lengan, kekuatan otot lengan, koordinasi, dan keseimbangan terhadap akurasi memanah atlet Panahan di Kabupaten Bantul. Jenis penelitian ini adalah korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah atlet panahan di Panahan di Kabupaten Bantul yang berjumlah adalah 75 atlet. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan kriteria inskluasi dan eksklusi. Krtiteria inklusi yaitu (1) bersedia menjadi sampel, (2) berusia ≤ 12 tahun, (3) pernah mengikuti pertandingan, (4) masih aktif berlatih. Berdasarkan kriteria tersebut yang memenuhi berjumlah 62 atlet. Instrumen yang digunakan untuk mengukur daya tahan otot dan kekuatan otot menggunakan Holding Bow Digitec Test, koordinasi menggunakan lempar tangkap bola tenis, keseimbangan menggunakan Stork Stand Test, dan akurasi memanah yaitu menembakan anak panah sebanyak 6 kali, selama 6 seri/rambahan dan dengan jumlah total 36 anak panah. Teknik analisis data menggunakan uji F (Simultan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada hubungan yang signifikan antara daya tahan otot lengan terhadap akurasi memanah atlet Panahan di Kabupaten Bantul, dengan p-value 0,017 dan sumbangan efektif sebesar 23,09%. (2) Ada hubungan yang signifikan antara kekuatan otot lengan terhadap akurasi memanah atlet Panahan di Kabupaten Bantul, dengan p-value 0,027 dan sumbangan efektif sebesar 25,44%. (3) Ada hubungan yang signifikan antara koordinasi terhadap akurasi memanah atlet Panahan di Kabupaten Bantul, dengan p-value 0,037 dan sumbangan efektif sebesar 27,25%. (4) Ada hubungan yang signifikan antara keseimbangan terhadap akurasi memanah atlet Panahan di Kabupaten Bantul, dengan p-value 0,033 dan sumbangan efektif sebesar 14,72%. (5) Ada hubungan yang signifikan antara daya tahan otot lengan, kekuatan otot lengan, koordinasi, dan keseimbangan terhadap akurasi memanah atlet Panahan di Kabupaten Bantul, dengan p-value 0,000 dan sumbangan efektif sebesar 90,50%.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Endang Rini Sukamti, M.S.
Uncontrolled Keywords: daya tahan otot lengan, kekuatan otot lengan, koordinasi, keseimbangan, akurasi memanah
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 25 May 2023 02:49
Last Modified: 25 May 2023 02:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77856

Actions (login required)

View Item View Item