Pengembangan Panduan Penilaian Praktik Berbasis Keterampilan Abad-21 Siswa SMK pada Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif.

Ramadhan Nur, Hamid and Sukardi, Thomas (2023) Pengembangan Panduan Penilaian Praktik Berbasis Keterampilan Abad-21 Siswa SMK pada Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-hamid ramadhan nur-20702251023.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Sekolah menengah kejuruan saat ini dihadapkan oleh berbagai macam perubahan. Kompetensi peserta didik perlu penyesuaian agar dapat menghadapi kuatnya arus perubahan di abad-21. Penilaian pembelajaran praktik perlu dikembangkan dan disesuaikan agar dapat mengukur keterampilan abad-21 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan panduan penilaian praktik berbasis keterampilan abad-21 untuk mengukur kompetensi praktik siswa SMK, dan (2) mengungkapkan kelayakan panduan penilaian yang dihasilkan tersebut. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode dan pendekatan model 4D (define, design, develop, dan disseminate). Subjek penelitian ini adalah pendidik yang mengajar mata pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan (PMKR) di empat sekolah kejuruan yang ada di Kota Sleman. Kelayakan panduan penilaian praktik dianalisis berdasarkan validitas isi, reliabilitas, dan usabilitas atau keterbacaan oleh pengguna. Hasil penelitian ini adalah sebuah buku panduan penilaian praktik berbasis keterampilan abad-21 yang bermanfaat untuk membantu guru dalam mengukur keterampilan abad-21 siswa pada pembelajaran praktik, khususnya pada Kompetensi Dasar Perawatan Berkala Mesin Bahan Bakar Bensin Injeksi EFI. Panduan penilaian yang dikembangkan ini terdiri dari (a) halaman depan, (b) identitas buku,(c) daftar isi, (d) pendahuluan, (e) definisi konseptual, (f) instrumen penilaian praktik yang dilengkapi dengan indikator keterampilan abad-21 beserta rubriknya, dan (g) daftar pustaka. Hasil validasi isi dari produk ini mempunyai indeks Aiken’s V = 0,921 (sama dengan V tabel 0,92) yang berarti valid dan memenuhi syarat. Reliabilitas produk ini mempunyai nilai Interclass Correlation Coefficient (ICC) = 0,005 (kurang dari taraf signifikan 0,05) sehingga panduan dinyatakan reliabel. Sedangkan hasil uji coba keterbacaan dengan 13 indikator menunjukkan rerata 3,52 (dari nilai maksimal 4) yang berarti produk layak digunakan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: keterampilan abad-21, pengembangan, penilaian praktik
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 May 2023 06:05
Last Modified: 09 May 2023 06:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77712

Actions (login required)

View Item View Item