Pengembangan Sistem Aplikasi Perangkat Penilaian Kompetensi Peserta didik Berbasis Android pada Program Keahlian Sistem Informasi, Jaringan, dan Aplikasi.

Surawan, Ghea Chandra and Haryanto, Haryanto (2023) Pengembangan Sistem Aplikasi Perangkat Penilaian Kompetensi Peserta didik Berbasis Android pada Program Keahlian Sistem Informasi, Jaringan, dan Aplikasi. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-ghea chandra surawan-18702251005.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan sistem aplikasi perangkat penilaian kompetensi berbasis android, (2) mengungkapkan fungsi sistem aplikasi yang dihasilkan tersebut, (3) mengungkapkan kelayakan sistem aplikasi tersebut, (4) mengungkapkan validitas dan reliabilitas sistem aplikasi tersebut, dan (5) mengungkapkan performa sistem aplikasi tersebut, (6) mengungkapkan kompetensi peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Kent Beck (1999) melalui empat tahapan, yaitu: planning, designing, coding, dan testing. Subjek penelitian adalah 67 peserta didik dan dua pendidik Program Keahlian Sistem Informasi, Jaringan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Depok ,Sleman. Validator produk adalah satu orang ahli aplikasi dan tiga orang ahli materi. Pengumpulan data dilaksanakan melalui wawancara, angket, dan tes. Instrumen penelitian divalidasi melalui expert judgment dan reliabilitas angket dihitung dengan Alpha Cronbach’s dengan nilai 0,822. Analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Sistem aplikasi perangkat penilaian kompetensi peserta didik berbasis Android yang dihasilkan dapat mengelola hasil, memonitor progres dan lokasi peserta, serta mengontrol proses penilaian secara real-time dengan baik. (2) Semua fitur sistem aplikasi yang dihasilkan tersebut berfungsi sesuai harapan. (3) Kelayakan sistem aplikasi tersebut diberi skor 94% (sangat layak) oleh ahli materi, dan 85% (sangat layak) oleh ahli aplikasi, dan berdasarkan faktor usability memperoleh skor 87% (sangat layak), functional suitability dengan skor 83% (sangat layak), dan maintainability dengan skor 75% (baik), sehingga disimpulkan sistem aplikasi yang dihasilkan layak digunakan. (4) Validitas butir soal berdasarkan Poin Biserial menyatakan seluruh butir soal valid dengan koefisien > 0.20 dan uji reliabilitas menggunakan Anova Hoyt menunjukkan reliabilitas yang tinggi dengan koefisien 0.627 sehingga dapat digunakan dalam penilaian kelas. (5) Performa sistem aplikasi tersebut menunjukkan error rate hasil penilaian sebesar 0% (tanpa ada kesalahan). (6) Hasil belajar peserta didik SMK N 2 Depok pada kompetensi menerapkan struktur kontrol percabangan dalam bahasa pemrograman dan membuat kode program struktur kontrol percabangan dengan ketuntasan > 75; sebanyak 18 orang peserta didik telah tuntas dan 49 orang peserta didik harus mengikuti pembelajaran ulang.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: aplikasi Android, perangkat penilaian, pengembangan
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 May 2023 02:12
Last Modified: 09 May 2023 02:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77702

Actions (login required)

View Item View Item