PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO TUTORIAL PENGGUNAAN PLATFORM GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH

Kusuma, Anggun Anggara (2022) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO TUTORIAL PENGGUNAAN PLATFORM GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Fultext Anggun Anggara Kusuma.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu (1) Menghasilkan media video tutorial pelaksanaan pembelajaran berbasis Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (RnD) menurut Sugiyono adaptasi dari Borg dan Gall yang terdiri dari sepuluh tahap, yaitu analisis potensi dan masalah, pengumpulan informasi awal, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba (skala kecil), revisi produk, uji coba pemakaian (skala besar), revisi produk, dan pembuatan produk massal. Subjek penelitian dan pengembangan ini adalah ahli materi, ahli media, dan 25 guru dari lima madrasah berbeda yaitu Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Muhammadiyah Kedungjati, MIS Muhammadiyah Kedungjati, MI Maarif NU Bajong, MI Maarif NU Penaruban, dan MI Maarif NU Kutawis. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, dan angket yang kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Penelitian dan pengembangan menghasilkan produk media yang telah dinilai layak untuk digunakan. Hasil kelayakan dari ahli materi dengan skor akhir 3,86, ahli media dengan skor akhir 3,50, uji coba skala kecil aspek kelayakan dengan skor 3,20 serta aspek kebermanfaatan dengan skor 3,20, dan uji coba skala besar aspek kelayakan dengan skor 3,19 serta aspek kebermanfaatan dengan skor 3,25. Dari hasil tersebut semuanya mendapat kriteria layak karena melebihi skor minimal untuk dikatakan layak yaitu 2,75.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengembangan media, e-learning madrasah, guru madrasah ibtidaiyah
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 03 May 2023 07:57
Last Modified: 03 May 2023 07:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77655

Actions (login required)

View Item View Item