Pemahaman Latihan Beban Sebagai Komponen Penting Dalam Meningkatkan Performa Bermain Atlet Sepakbola SMAN 2 Playen Gunungkidul

Firdaus, Zainal (2023) Pemahaman Latihan Beban Sebagai Komponen Penting Dalam Meningkatkan Performa Bermain Atlet Sepakbola SMAN 2 Playen Gunungkidul. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_zainal firdaus_18602241085.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman atlet sepakbola di SMAN 2 Playen Gunungkidul tentang latihan weight training untuk meningkatkan kondisi fisik. Sebagai atlet sepakbola diharuskan memiliki kondisi fisik yang baik supaya mampu memenangkan duel ketika berebut bola di pertandingan. Jenis peneilitian ini yaitu deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan tehnik pengambilan data menggunakan angket tertutup. Sampel yang di gunakan dalam pengambila data penelitian ini adalah atlet sepakbola kelas X-XII SMAN 2 Playen Gunungkidul yang tergabung dalam tim ekstrakulikuler sekolah dan dilaksanakan secara online menggunakan bantuan aplikasi Goole Form. Analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kuantitatif dengan hasil berupa presentase. Hasil dari penelitian ini berupa presentase tingkat pemahaman atlet mengenai latihan weight training untuk meningkatkan kondisi fisik atlet dengan hasil, kategori “Sangat tinggi” sebesar 0% (tidak ada), kategori “Tinggi” sebesar 20% (4 orang), kategori “Sedang” sebesar 50% (10 orang), kategori “rendah” sebesar 10% (2 orang), kategori “Sangat Rendah” sebesar 20% (4 orang). Diketahui nilai rata-rata sebesar 71,15, menunjukkan bahwa para atlet Sepakbola SMAN 2 Playen memiliki tingkat pemahaman latihan weight training yang lumayan baik secara umum.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Devi Tirtawirya, M.Or.
Uncontrolled Keywords: weight training, performa, kondisi fisik
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 18 Apr 2023 08:31
Last Modified: 18 Apr 2023 08:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77584

Actions (login required)

View Item View Item