UPAYA MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS V SD NEGERI MADUSARI 01 CILACAP

Oktaviyana, Rizal (2023) UPAYA MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS V SD NEGERI MADUSARI 01 CILACAP. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Rizal Oktaviyana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap rasa ingin tahu siswa selama pembelajaran matematika materi bangun ruang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas V SD Negeri Madusari 01, Wanareja, Kabupaten Cilacap. Jenis penelitian yang diguanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain mengacu Pada Kemis and Taggart yang meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Madusari 01 yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuantitatif dan kualitatif berupa lembar observasi, wawancara, angket, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisi data kuantitatif dan kualitatif. Adapun kriteria keberhasilan yaitu 85% dari jumlah siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa rasa ingin tahu dapat ditingkatkan dengan model kooperatif tipe jigsaw pada setiap siklus. Rasa ingin tahu siswa dapat meningkat melalui proses pembelajaran yang dilakukan dengan model kooperatif tipe jigsaw. Peningkatan rasa ingin tahu siswa dapat dilihat melalui angket. Hasil angket rasa ingin tahu menunjukkan adanya peningkatan respon sikap siswa yang awalnya pada pra siklus menunjukan persentase 53,36%. Diadakanlah penelitian siklus I yaitu menjadi 72,58% dikategorikan baik. Selanjutnya pada siklus ke II meningkat menjadi 87,67% dikategorikan sangat baik. Kata kunci: Rasa ingin tahu, bangun ruang, model kooperatif tipe jigsaw

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 18 Apr 2023 03:00
Last Modified: 18 Apr 2023 03:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77574

Actions (login required)

View Item View Item