PENGARUH MEDIA TAKALINTAR (TABEL PERKALIAN PINTAR) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI PERKALIAN KELAS III SEKOLAH DASAR

Aryanto, Herdi (2023) PENGARUH MEDIA TAKALINTAR (TABEL PERKALIAN PINTAR) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI PERKALIAN KELAS III SEKOLAH DASAR. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Herdi Aryanto.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media takalintar (tabel perkalian pintar) terhadap kemampuan pemecahan masalah materi perkalian kelas III sekolah dasar. Metode penelitian yang dilakukan adalah kuasi eksperimen dengan bentuk nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini terdiri dari 15 siswa kelas III SD Negeri Ngoro-oro sebagai kelompok eksperimen dan 17 siswa kelas III SD Negeri Sokasari sebagai kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan berupa media tabel perkalian pintar, sedangkan kelompok kontrol menggunakan media gambar. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan tes kemampuan pemecahan masalah. Instrumen penelitian berupa lembar tes kemampuan pemecahan masalah yang telah diuji baik itu validitas dan reliabilitasnya. Data hasil penelitian yang diperoleh disajikan dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif yaitu dengan menggunakan teknik analisis uji-t (t- test). Sebelum melakukan uji-t harus menggunakan uji prasyarat yakni uji normalitas dan uji homogenitas sebagai syarat sebelum dilakukannya penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan rata-rata nilai posttest kelompok eksperimen yaitu sebesar 82 yang berada pada kategori sangat baik jika dibandingkan dengan rata-rata nilai posttest kelompok kontrol yakni 56,59 yang berada pada kategori cukup. Berdasarkan hasil uji-t maka diperoleh nilai thitung sebesar 5,285 lebih besar dari ttabel yaitu 2,042 (5,285>2,042) dan nilai signifikansinya sebesar 0,00 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (0,00<0,05). Berdasarkan uji-t tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara media takalintar (tabel perkalian pintar) terhadap kemampuan pemecahan masalah materi perkalian kelas III sekolah dasar. Kata kunci: media tabel perkalian pintar, kemampuan pemecahan masalah, perkalian.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 18 Apr 2023 02:56
Last Modified: 18 Apr 2023 02:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77573

Actions (login required)

View Item View Item