MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA BANGUN RUANG DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA KELAS IV SDN JLABAN

Selawati, Tria Siam (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA BANGUN RUANG DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA KELAS IV SDN JLABAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Tria Siam Selawati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Timbulharjo melalui Pendidikan Matematika Realistik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini siswa kelas IV SD Negeri Jlaban tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 18 siswa, terdiri dari 8 siswa laki- laki dan 10 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi dan tes. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan matematika realistik dapat meningkatkan proses dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Jlaban. Peningkatan aktivitas pembelajaran menggunakan pendekatan matematika realistik (PMR) dapat dilihat pada akhir siklus I yaitu aktivitas siswa mencapai kualifikasi baik dengan taraf keberhasilan 80% kemudian meningkat pada akhir siklus II yaitu aktivitas siswa mencapai kualifikasi sangat baik dengan taraf keberhasilan 100%. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai yang diperoleh siswa. Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Pendidikan Matematika Realistik, Kelas IV SD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 17 Apr 2023 03:48
Last Modified: 17 Apr 2023 03:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77555

Actions (login required)

View Item View Item