PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN READING GUIDE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SD NEGERI 03 TOHUDAN

Rosita, Sahnas Amalia (2023) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN READING GUIDE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SD NEGERI 03 TOHUDAN. D3 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Sahnas Amalia Rosita.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, mendeskripsikan aktivitas siswa dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas IV SD Negeri 03 Tohudan dan mengetahui peningkatan kemampuan membaca pemahaman menggunakan metode pembelajaran reading guide. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Collaborative Action Research (CAR). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 03 Tohudan yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui lembar observasi dan tes. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan skor rata-rata dalam rumus persentase. Berdasarkan hasil pengamatan aktivitas guru pada siklus I sudah mencapai kategori baik dengan nilai 86 (79,62%), dan pada siklus II mengalami peningkatan mencapai kategori sangat baik dengan nilai 101 (93,51%). Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I mencapai kategori baik dengan nilai 76 (79,16%) dan siklus II mengalami peningkatan mencapai kategori sangat baik dengan nilai 102 (93,75%). Sedangkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada pra-siklus, hanya 10 siswa (50%) yang tuntas. siklus I, didapatkan 13 siswa (65%) yang tuntas. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan, 18 siswa (90%) mencapai ketuntasan. Karena sudah melebihi batas ketuntasan yaitu 80% maka dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran reading guide dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri 03 Tohudan pada Tema Pahlawanku. Kata kunci : reading guide, kemampuan membaca pemahaman, metode pembelajaran

Item Type: Thesis (D3)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 17 Apr 2023 03:13
Last Modified: 17 Apr 2023 03:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77548

Actions (login required)

View Item View Item