PELAKSANAAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 2 SREMO KAPANEWON KOKAP KABUPATEN KULON PROGO

Rahayuni, Ika (2023) PELAKSANAAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 2 SREMO KAPANEWON KOKAP KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Ika Rahayuni.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah siswa kelas 4 SD Negeri 2 Sremo Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo serta mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung pelaksanaan kegiatan literasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini berlokasi di SD Negeri 2 Sremo Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo. Sumber data yang digunalan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Kelas dan Siswa kelas IV. Objek penelitian ini berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan membaca 15 menit, sarana prasarana, serta perilaku kepala sekolah dan guru dalam kegiatan literasi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi tekknik dan sumber. Hasil penelitian ini adalah: (1) Pelaksanaan kegiatan literasi sudah selaras dengan prinsip pelaksanaan kegiatan literasi tahap pembiasaan yaitu dengan adanya pelaksanaan kegiatan membaca buku non pembelajaran selama 15 menit sebelum pembelajaran, buku yang tersedia sudah sesuai dengan minat siswa, ada kegiatan pencatatan judul buku dan nama pengarang dalam program Ulat Literasi , terdapat diskusi informal yang dilakukan siswa dan guru setelah pelaksanaan kegiatan literasi, tidak ada kegiatan lanjutan seperti menulsikan synopsis atau pembuatan karya. (2) Faktor pendukung kegiatan literasi diantarnya tersedianya fasilitas/sarana dan prasarana literasi yang menarik siswa di kelas yaitu pojok baca, koleksi buku yang beragam, adanya program ulat literasi serta adanya program jam kunjung perpustakaan sedangkan faktor penghambat kegiatan literasi diantaranya belum ada pelibatan publik, guru tidak bisa mendampingi siswa pada saat pelaksanaan kegiatan literasi, guru dan kepala sekolah tidak ikut serta membaca buku pada saat pelaksanaan membaca 15 menit, belum ada buku monitoring pencapaian literasi. Kata Kunci: Pelaksanaan Kegiatan LIterasi, Literasi sekolah, Siswa kelas IV SD N 2 Sremo

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 17 Apr 2023 02:59
Last Modified: 17 Apr 2023 02:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77545

Actions (login required)

View Item View Item