PENGEMBANGAN MEDIA LIFT THE FLAP BOOK UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MATERI IPS PETA PERSEBARAN FLORA FAUNA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN BANDONGAN 1 MAGELANG

Khotimah, Khusnul (2023) PENGEMBANGAN MEDIA LIFT THE FLAP BOOK UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MATERI IPS PETA PERSEBARAN FLORA FAUNA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN BANDONGAN 1 MAGELANG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
KHUSNUL KHOTIMAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk lift the flap book yang layak dan praktis digunakan dalam pembelajaran serta efektif untuk meningkatkan penguasaan materi IPS bagi siswa kelas IV SDN Bandongan 1. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) model ADDIE. Tahapannya yaitu: (1) Analyze, (2) Design, (3) Develop, (4) Implement, dan (5) Evaluate. Tempat penelitian ini adalah SDN Bandongan 1 Magelang. Subyek penelitian ini adalah 26 siswa kelas IV. Peneliti mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif, paired sample t test dan effect size (cohen‟s d). Hasil pengembangan lift the flap book dinyatakan layak melalui validasi materi dan media. Hasil validasi materi mendapat skor 4,6 dan skor validasi media sebesar 4,3, keduanya dengan kategori “Sangat Layak”. Uji coba perorangan mendapat persentase 81% dari respon siswa dan 80% dari respon guru, termasuk kategori “Sangat Praktis”. Uji coba kelompok kecil mendapat persentase 86% dari respon siswa dan 89% dari respon guru, termasuk kategori “Sangat Praktis”. Pada uji coba lapangan mendapat persentase 81% dari respon siswa dan 80% dari respon guru, termasuk kategori “Sangat Praktis”.. Hasil uji paired sample test menyatakan bahwa terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan dengan nilai 0,000. Hasil penelitian menunjukkan nilai N-Gain kelompok eksperimen sebesar 0,705 dengan kriteria tinggi. Nilai effect size sebesar 3,89 termasuk dalam kategori efek kuat. Kata Kunci: pengembangan media, buku berjendela, penguasaan materi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 17 Apr 2023 02:45
Last Modified: 17 Apr 2023 02:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77542

Actions (login required)

View Item View Item