ANALISIS DAN KOMPARASI BUKU TEKS MATEMATIKA SEKOLAH DASAR INDONESIA DAN SINGAPURA BERDASARAKAN PENYAJIAN DAN PERMASALAHAN PERKALIAN

Nuraini, Laila (2023) ANALISIS DAN KOMPARASI BUKU TEKS MATEMATIKA SEKOLAH DASAR INDONESIA DAN SINGAPURA BERDASARAKAN PENYAJIAN DAN PERMASALAHAN PERKALIAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Laila Nuraini.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskirpsikan perbandingan penyajian materi perkalian dalam pada buku teks Matematika Indonesia dan Singapura, (2) mendeskripsikan perbedaan dan persamaan dari segi konten materi pada buku teks Matematika Indonesia dan Singapura, dan (3) mendeskripsikan perbedaan dan persamaan dari segi kognitif soal pada buku teks Matematika Indonesia dan Singapura. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan analisis perbandingan buku teks Matematika SD Kelas 4 Indonesia yakni Matematika untuk SD/MI Kelas IV yang mengacu pada Kurikulum Merdeka dan buku Matematika SD di Singapura yakni My Pals Are Here Math 4A 3rd Edition Pupil’s Book. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku teks matematika secara halaman lebih banyak daripada buku teks matematika Singapura. Namun untuk penyajian materi perkalian buku teks matematika singapura memiliki jumlah lebih banyak yakni 12 halaman, sedangkan buku teks matematika Indonesia hanya memiliki 5 halaman. Secara proporsional, buku teks matematika Singapura menjadi buku teks yang lebih proporsional dibandingkan dengan buku teks Indonesia. Buku teks matematika Indonesia dan Singapura pada penyajian konten perkalian didapati lebih proporsional buku teks matematika Singapura dan dalam format representasi memiliki kesamaan di mana tidak terdapat soal dengan jenis hanya visual. Kemudian dalam penyajian konten, aktivitas matematika dan tingkat kesulitan, buku teks matematika Singapura juga lebih proporsional dibandingkan buku teks matematika Indonesia. Walaupun seperti itu, terdapat pada segi penyajian kognitif soal yang lebih proporsional di buku teks matematika Indonesia daripada buku teks matematika Singapura pada bagian fitur kontekstual. Kata Kunci : Perbandingan Buku Teks, Indonesia, Singapura, Penyajian Perkalian, Kognitif Soal

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 17 Apr 2023 02:26
Last Modified: 17 Apr 2023 02:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77536

Actions (login required)

View Item View Item