IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DI KELAS V SD NEGERI GRABAG 3 KABUPATEN MAGELANG

Arifah, Nur Laily Fitriani (2023) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DI KELAS V SD NEGERI GRABAG 3 KABUPATEN MAGELANG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Nur Laily F A.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter disiplin yang dilakukan guru kepada siswa kelas V SD Negeri Grabag 3 Kabupaten Magelang. Fokus penelitian ini adalah implementansi pendidikan karakter disiplin yang dilakukan di kelas V SD Negeri Grabag 3 Kabupaten Magelang. Implementasi pendidikan karakter dalam penelitian ini dilihat dari kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan, pengkondisian, dan mata pelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru kelas V, dan siswa kelas V. Teknik pengumpulan data dalam penelitian berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana (2014) yakni pengumpulan data, kondensasi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Uji validitas dan reliabilitas pada penelitian yakni menggunakan uji kredibilitas, uji transferability,uji dependability, dan uji confirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter disiplin dilaksanakan melalui kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan, pengkondisian, dan mata pelajaran. Kegiatan rutin dilaksanakan melalui pembiasaan sekolah dan pembiasaan di kelas. Kegiatan spontan dilaksanakan hanya melalui teguran, peringatan, dan nasihat bagi siswa yang tidak disiplin dan apresiasi secara verbal kepada siswa yang disiplin. Keteladanan dilaksanakan oleh guru melalui datang tepat waktu, tidak membolos kerja, memberikan keterangan ketika terlambat, berpakaian sopan dan rapi, selalu menjaga kebersihan, dan berbicara dengan sopan baik ketika memberikan nasihat ataupun saat menegur siswa. Pengondisian dilaksanakan melalui pengondisian sekolah dan pengondisian kelas dimana pengondisian kamar mandi masih kurang maksimal. Mata pelajaran dilaksanakan melalui pengintegrasian nilai disiplin secara tersirat dalam rencana pembelajaran, internalisasi nilai disiplin dalam proses pembelajaran, dan melakukan evaluasi nilai disiplin bersama dengan nilai karakter yang lain. Kata kunci: implementasi, karakter, disiplin

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 17 Apr 2023 02:22
Last Modified: 17 Apr 2023 02:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77534

Actions (login required)

View Item View Item