PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DART GAME PADA MATERI BENTUK KEBERAGAMAN DI INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI GEMBONGAN

Saputri, Fajar Isnaeni (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DART GAME PADA MATERI BENTUK KEBERAGAMAN DI INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI GEMBONGAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Fajar Isnaeni Saputri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Media Pembelajaran Dart Game yang layak dan praktis digunakan pada materi bentuk keberagaman di Indonesia untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan milik Borg dan Gall dengan tujuh langkah, dimulai dari penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan jenis/produk awal, melakukan uji coba lapangan tahap awal, melakukan revisi produk utama, uji coba lapangan utama, dan revisi terhadap produk operasional. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan angket. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran dart game pada materi bentuk keberagaman di Indonesia layak dan praktis digunakan di sekolah dasar. Produk media sudah melalui tahap perencanaan, validasi ahli, dan uji coba lapangan. Hasil validasi ahli materi memperoleh rata-rata skor 4,47 dengan kriteria “sangat layak”. Lalu hasil validasi media yang terakhir memperoleh rata- rata 3,65 dengan kriteria “layak”. Kemudian hasil uji coba lapangan awal memperoleh rata-rata skor 4,2 dengan kriteria “layak”. Dan hasil uji coba lapangan utama memperoleh rata-rata skor 4,4 dengan kriteria “sangat layak”. Sedangkan hasil penilaian dari praktisi pembelajaran memperoleh rata-rata 4,67 dengan kriteria “sangat layak”. Kata kunci: media pembelajaran, dart game materi bentuk keberagaman, motivasi belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 17 Apr 2023 02:07
Last Modified: 17 Apr 2023 02:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77530

Actions (login required)

View Item View Item