Efektivitas Pelaksanaan Program PKL Pada Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK Negeri Kabupaten Kulon Progo.

Irfa, Afrial and Wening, Sri (2023) Efektivitas Pelaksanaan Program PKL Pada Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK Negeri Kabupaten Kulon Progo. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-afrial irfa-18701251024.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi komponen context, input, process, product (CIPP) pada pelaksanaan program Praktik Kerja Lapangan (PKL) pada Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK Negeri Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model evaluasi CIPP. Subjek pada penelitian ini adalah siswa PKL, guru pendamping dan Dunia Usaha dan Industri (DUDI). Sumber informasi dalam penelitian ini adalah 70 siswa PKL dan 8 guru pembimbing PKL, serta 8 rekanan DUDI dari SMK Negeri 1 Samigaluh dan SMK Negeri 1 Girimulyo. Evaluasi kinerja guru ditinjau dari aspek context, input, process dan product. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner dan pedoman wawancara terstruktur. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil validitas Kaiser Mayer Olkin measure of sampling adequacy (KMO) 0,934 masuk dalam kriteria > 0,50, Intraclass Correlation Coefficient (ICC) 0,731 termasuk dalam kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program PKL SMK di Kulon Progo didasarkan sesuai dengan evaluasi terhadap Context Input, process, dan product ditemukan bahwa pelaksanaan PKL berada pada kategori baik. Namun, dalam penelitian ini ditemukan beberapa hal untuk dapat diperhatikan yaitu sub-aspek sarana dan prasarana yang memadai, kompetensi sumber daya manusia berkaitan dengan sub-aspek kompetensi sumber daya manusia terutama untuk guru pendamping dalam melakukan pengajaran di sekolah betul- betul dibekali dengan ilmu yang sesuai dengan standar kompetensi keahlian akuntansi dan keuangan lembaga, diharapkan siswa dalam melaksanakan PKL dapat menjalankan dengan baik, dan kompetensi lulusan setelah menyelesaikan sekolah sesuai dengan standar dunia kerja.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, CIPP, Praktik Kerja Lapangan (PKL)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 May 2023 02:46
Last Modified: 04 May 2023 02:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77499

Actions (login required)

View Item View Item