IMPLEMENTASI KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN MELALUI BUDAYA SEKOLAH DI SD NEGERI KALIMENUR SUKORENO

Astuti, Dwi Retno (2023) IMPLEMENTASI KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN MELALUI BUDAYA SEKOLAH DI SD NEGERI KALIMENUR SUKORENO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Dwi Retno Astuti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi karakter peduli lingkungan melalui budaya sekolah di kelas 3 SD Negeri Kalimenur Sukoreno. Selain itu, mengungkap keunikan yang ada di sekolah tersebut sehingga dapat digunakan sebagai referensi untuk sekolah yang lain. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini meliputi kepala sekolah, penanggungjawab program adiwiyata, guru kelas III, petugas kebersihan, orang tua siswa, dan siswa kelas III. Penelitian dilaksanakan pada Bulan November-Desember 2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana (2014) yang meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data pada penelitian ini yakni uji kredibilitas dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik, uji transferability, uji dependability, dan uji confirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi karakter peduli lingkungan melalui budaya sekolah dilakukan mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan dilakukan dengan rapat kepala sekolah, guru, dan petugas kebersihan. Karakter peduli lingkungan dicantumkan di visi, misi, tujuan, tata tertib, dan mars SD Negeri Kalimenur. Pelaksanaan karakter peduli lingkungan melalui budaya sekolah dilaksanakan melalui kegiatan rutin, pembiasaan spontan, keteladanan, dan pengkondisian. Dalam pelaksanaannya sudah dapat dikatakan berhasil karena telah mencapai indikator keberhasilan karakter peduli lingkungan. Evaluasi terkait implementasi karakter peduli lingkungan yaitu masih terdapat siswa yang terkadang masih kurang mencerminkan karakter peduli lingkungan dan terdapat program yang belum dapat terlaksana. Kemudian solusi dari pihak sekolah selalu mengingatkan, membimbing memantau, dan menegur siswa. Selain itu, diadakan rapat kepala sekolah, guru, dan petugas kebersihan. Kemudian, guru menyampaikan hasil dari implementasi karakter peduli lingkungan kepada orang tua siswa ketika penerimaan rapor. Kata Kunci: Karakter Peduli Lingkungan, Budaya Sekolah

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2023 06:05
Last Modified: 06 Apr 2023 06:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77432

Actions (login required)

View Item View Item