IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH PADA TAHAP PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 4 WATES

Pangestu, Galih Pramudya (2023) IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH PADA TAHAP PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 4 WATES. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Galih Pramudya Pangestu.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan implementasi gerakan literasi sekolah pada tahap pembelajaran di SD Negeri 4 Wates. Implementasi GLS dilihat dari segi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan implementasi gerakan literasi sekolah pada tahap pembelajaran di SD Negeri 4 Wates melalui tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap perencanaan diimplementasikan dengan serangkaian persiapan GLS pada tahap pembelajaran seperti perencanaan program GLS, perencanaan sarana dan prasarana, perencanaan sumber daya manusia, dan strategi guru untuk GLS tahap pembelajaran. Pelaksanaan GLS tahap pembelajaran menerapkan perencanaan yang telah dilakukan kemudian dilaksanakan dalam berbagai bentuk kegiatan membaca dan menulis serta pemanfaatan sarana dan prasarana untuk pembelajaran. Kegiatan Evaluasi dilakukan dengan secara formatif dan sumatif dengan melihat hasil asesmen dan performa peserta didik pada pembelajaran. Faktor pendukung GLS tahap pembelajaran adalah dukungan dari berbagai pihak dan fasilitas sekolah yang memadai. Faktor penghambat GLS tahap pembelajaran adalah rendahnya minat baca yang berpengaruh pada menurunya kemampuan baca yang dimiliki peserta didik. Kata kunci : literasi, sekolah dasar, program literasi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2023 04:55
Last Modified: 06 Apr 2023 04:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77429

Actions (login required)

View Item View Item