EVALUASI KUALITAS PROGRAM PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN IPS PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 5 KLATEN

Khoirilah, Visara Hanstasya (2022) EVALUASI KUALITAS PROGRAM PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN IPS PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 5 KLATEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_visara hanstasya khoirilah_17105241008.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kualitas proses pelaksanaan pembelajaran daring dan untuk mengevaluasi kualitas hasil belajar siswa selama pelaksanaan program pembelajaran daring mata pelajaran IPS kelas tujuh di SMP Negeri 5 Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi model EKOP (Evaluasi Kualitas dan Output Program). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 5 Klaten yang berjumlah 156 siswa dan 3 guru mata pelajaran IPS. Data dikumpulkan dengan angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk mengumpulkan data kualitas proses (kinerja guru, fasilitas pembelajaran, iklim kelas, sikap siswa, motivasi belajar, kecakapan personal dan kecakapan sosial. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan hasil kecakapan akademik berupa hasil Penilaian Akhir Semester (PAS) ganjil tahun ajaran 2021/2022. Uji Validitas menggunakan validitas konstruk dan uji realibilitas menggunakan Alfa Cronbach dengan bantuan Microsoft Excel. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Kualitas proses pembelajaran daring pada mata pelajaran IPS kelas tujuh di SMP Negeri 5 Klaten sudah masuk dalam kategori baik dengan perolehan skor rerata 3,73. Adapun rinciannya yaitu, kinerja guru memperoleh skor 4,12 (baik), fasilitas pembelajaran memperoleh skor 3,80 (baik), iklim kelas memperoleh skor 3,38 (baik), sikap siswa memperoleh skor 3,52 (baik), dan motivasi belajar memperoleh skor 3,82 (baik). 2) Hasil pembelajaran daring pada mata pelajaran IPS kelas tujuh di SMP Negeri 5 Klaten sudah masuk dalam kategori baik dengan perolehan skor rerata 3,93. Adapun rinciannya yaitu kecakapan akademik memperoleh skor 4,00 (baik), kecakapan personal memperoleh skor 3,86 (baik), dan kecakapan sosial memperoleh skor 3,92 (baik).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi pembelajaran, Pembelajaran daring, Model EKOP.
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 05 Apr 2023 02:37
Last Modified: 05 Apr 2023 02:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77385

Actions (login required)

View Item View Item