PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MEDIA POWER POINT PADA SISWA KELAS II SD N 1 NGADIHARJO

Malasari, Anida Nur (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MEDIA POWER POINT PADA SISWA KELAS II SD N 1 NGADIHARJO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Anida Nur Malasari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Pembelajaran yang baik akan mendorong minat siswa untuk fokus dalam kelas. Hal ini secara tidak langsung akan turut membantu siswa lebih mudah dalam memahami materi yang disampaikan dan akan meningkatkan nilai hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SD N 1 Ngadiharjo dengan menggunakan media power point. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas kelas II SD N 1 Ngadiharjo tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 17 peserta didik, terdiri dari 10 peserta didik laki-laki dan 7 peserta didik perempuan. Desain penelitian menggunaan model Kurt Lewin. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Data dikumpulkan melalui tes. Teknik analisis data yaitu deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan adalah 75% dari jumlah peserta didik telah mencapai KKM yang ditentukan yaitu ≥75. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan setelah dilakukan tindakan pada siklus I dan siklus II. Hasil penelitian pada pra tindakan sampai siklus I kelas II SDN I Ngadiharjo mengalami beberapa peningkatan prosentase ketuntasan dari 47% menjadi 59%. Dalam hal ini nilai rata-rata pada siklus I ini belum mencapai KKM ≥ 75. Selain itu, prosentase ketuntasan siswa masih belum mencapai indikator hasil belajar yang ditetapkan peneliti. Perbedaan dari siklus I sampai siklus II kelas II SDN I Ngadiharjo mengalami peningkatan prosentase ketuntasan dari 59% menjadi 76%. Dalam hal ini nilai rata-rata pada siklus II ini sudah mencapai KKM 75. Selain itu, prosentase ketuntasan siswa sudah mencapai indikator hasil belajar yang ditetapkan. Pada siklus II peneliti melakukan perbaikan pada kekurangan-kekurangan yang tedapat pada siklus I, dengan adanya perbaikan pada siklus II maka dampak yang diperoleh siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis power point meningkat. Kata kunci: hasil belajar, media power point, kelas II SD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 31 Mar 2023 03:58
Last Modified: 31 Mar 2023 03:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77320

Actions (login required)

View Item View Item