PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOPER-X PADA KONSEP OPERASI HITUNG PERKALIAN KELAS III SD NEGERI TEGALHARJO

Saputri, Endah Wahyu (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOPER-X PADA KONSEP OPERASI HITUNG PERKALIAN KELAS III SD NEGERI TEGALHARJO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Endah Wahyu Saputri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan mengenai rendahnya kemampuan siswa dalam memahami konsep perkalian, belum variatifnya media pembelajaran yang digunakan dan belum tersedianya media pembelajaran kotak perkalian pada pembelajaran konsep operasi hitung perkalian. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran KOPER-X yang layak dan praktis digunakan pada konsep operasi hitung perkalian kelas III SD Negeri Tegalharjo. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan mengadaptasi model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Robert Maribe Branch yang terdiri dari lima tahap yaitu tahap analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Subjek yang digunakan berjumlah 21 siswa kelas III SD Negeri Tegalharjo. Uji coba yang dilaksanakan yaitu uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan skala. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa media KOPER-X dinyatakan “layak” dan “praktis” untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas III Sekolah Dasar. Kelayakan media KOPER-X diperoleh dari hasil validasi materi oleh 3 ahli materi, validasi media oleh 3 ahli media. Hasil validasi materi mendapatkan skor rata-rata 4,66 dengan kategori “sangat layak”. Hasil validasi media mendapatkan skor rata-rata 4,51 dengan kategori “sangat layak”. Kepraktisan media KOPER-X diperoleh dari hasil uji coba dengan penilaian respon siswa dan respon guru. Hasil penilaian respon siswa pada uji coba perorangan mendapatkan skor rata-rata 4,53 dengan kategori “sangat praktis”. Hasil penilaian respon siswa pada uji coba kelompok kecil mendapatkan skor rata-rata 4,8 dengan kategori “sangat praktis”. Hasil penilaian respon guru mendapatkan skor rata-rata 4,8 dengan kategori “sangat praktis”. Kata Kunci : pengembangan media, perkalian, media visual

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 31 Mar 2023 02:05
Last Modified: 31 Mar 2023 02:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77313

Actions (login required)

View Item View Item