Keterampilan Self-Regulated Learning Peserta Didik Kelas 3 Sma Di Kota Soe Kabupaten Timor Tengah Selatan Selama Masa Pandemi

Saekoko, Marfath Dalouis (2023) Keterampilan Self-Regulated Learning Peserta Didik Kelas 3 Sma Di Kota Soe Kabupaten Timor Tengah Selatan Selama Masa Pandemi. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
marfath dalouis saekoko_20707251012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan tingkat keterampilan self-regulated-learning (SRL) peserta didik SMA kelas 3 di Kota Soe pada pembelajaran daring di masa pandemi. Sekolah yang menjadi target adalah SMA Negeri 1, SMA Al Ikhlas, SMA Swasta Efata, SMA Swasta Kristen 1, SMA Swasta Kristen 2, dan SMA Swasta PGRI. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas 3 SMA dari 6 sekolah yang berada di kota Soe yang berjumlah 1334 peserta didik. Sampel penelitian ini didapatkan dengan melakukan perhitungan menggunakan rumus Slovin dan mendapatkan hasil sampel sebesar 308 peserta didik menjadi sampel dari 6 SMA di kota Soe. Data dikumpulkan menggunakan instrumen kuesioner berisi 39 butir pertanyaan dan wawancara. Validasi instrumen dilakukan dengan Expert Judgment dan uji lapangan ke 30 responden, sedangkan uji reliabilitas instrumen menggunakan teknik Alpha Cronbach dengan hasil sebesar 0,955 yang berarti memiliki reliabilitas tinggi. Teknik Analisis data yang digunakan yakni statistik deskriptif. Hasil menunjukan bahwa keterampilan SRL peserta didik kelas 3 SMA di kota Soe berada pada kategori sedang dengan persentase 64,6% atau 199 peserta didik. Aspek pendukung SRL mempengaruhi hasil tersebut. Metakognisi berada pada kategori tinggi dengan persentase 48,7% (150 peserta didik) yang memuat indikator pendukung perencanaan, pemantauan, dan evaluasi diri. Motivasi berada pada kategori sedang dengan persentase 51,6% (159 peserta didik) yang memuat indikator pendukung harapan, nilai, dan afektif. Perilaku berada pada kategori sedang dengan persentase 63,3% (195 peserta didik) yang memuat indikator pendukung memilih, mengatur, dan mengontrol.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: self-regulated learning skills, grade 3
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 29 Mar 2023 03:18
Last Modified: 29 Mar 2023 03:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77252

Actions (login required)

View Item View Item