Internalisasi Nilai-nilai Budaya melalui Pembelajaran Adat dalam Masyarakat Suku Kerinci Provinsi Jambi.

Boty, Middya and Dardiri, Achmad (2023) Internalisasi Nilai-nilai Budaya melalui Pembelajaran Adat dalam Masyarakat Suku Kerinci Provinsi Jambi. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-middya boty-19703261005.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menemukan: (1) pola internalisasi nilai-nilai budaya melalui pembelajaran adat yang ada saat ini dalam masyarakat suku Kerinci Provinsi Jambi; (2) menemukan pola negosiasi antara budaya tradisional dan budaya modern dalam internalisasi nilai-nilai budaya melalui pembelajaran adat pada masyarakat suku Kerinci Provinsi Jambi; (3) menemukan pola yang paling sesuai untuk internalisasi nilai- nilai budaya melalui pembelajaran adat dalam masyarakat suku Kerinci Provinsi Jambi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi. Tempat penelitian di Lima Desa Tanjung Pauh Mudik Kecamatan Danau Kerinci Barat Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi. Pelaksanaan penelitian mengacu kepada langkah- langkah penelitian etnografi Spradley (2007:195) dengan “alur penelitian maju bertahap”. Instrumen pengumpulan data adalah peneliti sendiri. Pemilihan Informan ditetapkan dengan teknik bola salju, informan terpilih terdiri dari: Depati Anum, Ninik Mamak, Orang Tuo Cerdik Pandai dan Hulubalang serta masyarakat yang terlibat aktif dalam kegiatan internalisasi nilai-nilai budaya. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari: data primer yaitu data yang diperoleh dari informan dan data sekunder merupakan data pendukung. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik menjamin keabsahan data mengacu pada Moleong (2010:324) terdiri dari: credibility, transferability, dependability dan konfirmability. Data penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan langkah- langkah yang dikemukakan Spradley (2007:151-265) terdiri dari: analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponen dan analisis tema budaya. Penelitian ini menghasilkan tiga temuan. Pertama, pola internalisasi nilai-nilai budaya melalui pembelajaran adat yang dilakukan saat ini dalam masyarakat suku Kerinci Provinsi Jambi ditemukan dua pola: pertama, pola internalisasi nilai-nilai budaya melalui kegiatan belajar dan pelatihan adat. Kedua, pola internalisasi nilai-nilai budaya melalui kegiatan budaya upacara kenduri sko. Nilai-nilai budaya yang di internalisasikan melalui dua pola tersebut di atas adalah nilai-nilai budaya yang terdapat dalam filosofi adat “adat bersendi syarak, syarak bersendi kitabullah”, yang terdiri dari: nilai keagamaan, nilai kemanusiaan, nilai demokrasi dan musyawarah, serta nilai sosial kemasyarakatan (gotong royong). Proses internalisasi nilai-nilai budaya dilakukan melalui tiga tahap, yakni: pertama tahap transformasi nilai, kedua, tahap transaksi nilai, ketiga tahap trans-internalisasi nilai. Kedua, pola negosiasi antara budaya tradisional dan budaya modern dalam internalisasi nilai-nilai budaya melalui pembelajaran adat dalam masyarakat suku Kerinci Provinsi Jambi dilakukan dengan “pola penyesuaian” Adapun bentuk-bentuk penyesuaian yang dilakukan seperti penyesuaian pada: (1) sistem perkawinan, (2) lembaga adat. (3) sistem warisan, (4) aturan-aturan bagi generasi muda. Ketiga, pola yang paling sesuai untuk internalisasi nilai-nilai budaya melalui pembelajaran adat dalam masyarakat suku Kerinci adalah dengan “pola dialog adat”. Pola dialog adat diperoleh berdasarkan hasil analisis pada: pertama kegiatan sosial, terdiri dari: 1) saling mengunjungi (bertamu/bersilaturahmi), 2) tahlilan, 3) arisan. Kedua, kegiatan adat, yang terdiri dari: 1) ajun arah, 2) kenduri sko

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Internalisasi nilai-nilai budaya, Pembelajaran adat, Masyarakat suku Kerinci
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiokultural
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 28 Mar 2023 03:15
Last Modified: 28 Mar 2023 03:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77227

Actions (login required)

View Item View Item