Perbandingan Sarana Prasarana Pendidikan Jasmani dan Olahraga di SMP Negeri 2 Sleman dan SMP Negeri 3 Sleman Tahun Ajaran 2022/2023

Wiratama, Duta (2023) Perbandingan Sarana Prasarana Pendidikan Jasmani dan Olahraga di SMP Negeri 2 Sleman dan SMP Negeri 3 Sleman Tahun Ajaran 2022/2023. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_duta wiratama_18601241024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan sarana dan prasarana Pendidikan Jasmani dan Olahraga di SMP Negeri 2 Sleman dan SMP Negeri 3 Sleman tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu survei. Sampel pada penelitian ini yaitu sarana dan prasarana pendidikan jasmani dan olahraga di SMP Negeri 2 Sleman dan SMP Negeri 3 Sleman. Tempat penelitian dilakukan di SMP Negeri 2 Sleman dan di SMP Negeri 3 Sleman. Teknik pengumpulan data menggunakan alat bantu lembar observasi. Analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian diperoleh bahwa perbandingan SMP Negeri 3 Sleman memiliki ketersediaan sarana lebih banyak dan lebih baik dibandingkan SMP Negeri 2 Sleman. Ketersediaan sarana di SMP Negeri 2 Sleman memiliki kondisi sarana 13 jenis sarana dalam kondisi baik dan 8 jenis sarana dalam kondisi rusak. Sedangkan SMP Negeri 3 Sleman memiliki 22 jenis sarana dalam kondisi baik. SMP Negeri 3 Sleman memiliki ketersediaan sarana yang semuanya dalam kondisi baik. Ketersediaan perkakas terdapat perbedaan antara SMP Negeri 2 Sleman dan SMP Negeri 3 Sleman. Ketersediaan perkakas memiliki 1 perbedaan yaitu pada ketersediaan gawang sepakbola atau futsal. Kertesediaan perkakas di SMP Negeri 2 Sleman dalam kondisi baik dari seluruh 6 jenis perkakas yang tersedia. Sedangkan SMP Negeri 3 Sleman memiliki 6 jenis perkakas dalam kondisi baik dan 1 jenis perkakas dalam kondisi rusak. Ketersediaan fasilitas di SMP Negeri 2 Sleman tersedia 5 jenis fasilitas dan di SMP Negeri 3 Sleman tersedia 5 fasilitas Pendidikan jasmani olahraga dan Kesehatan. Ketersediaan fasilitas SMP Negeri 2 Sleman memiliki jumlah ketersediaan yang sama dibandingkan dengan SMP Negeri 3 Sleman. Dengan demikian, sarana dan prasarana yang dimiliki oleh SMP Negeri 3 Sleman lebih baik dari aspek ketersediaan dan kondisinya dibandingkan SMP Negeri 2 Sleman.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Agus Sumhendartin Suryobroto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: sarana dan prasarana, pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 27 Mar 2023 06:38
Last Modified: 27 Mar 2023 06:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77210

Actions (login required)

View Item View Item