EVALUASI KINERJA PENGOLAH DATA DALAM PELATIHAN PENGELOLAAN SISTEM INFORMASI KELUARGA (SIGA) BERDASARKAN TEORI KIRKPATRICK DI BKKBN DIY

Fadlila, Vina Ulfiya (2022) EVALUASI KINERJA PENGOLAH DATA DALAM PELATIHAN PENGELOLAAN SISTEM INFORMASI KELUARGA (SIGA) BERDASARKAN TEORI KIRKPATRICK DI BKKBN DIY. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_vina ulfiya fadlila_16105241033.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ketercapaian tahap perilaku dan hasil peserta pelatihan pengelolaan Sistem Informasi Keluarga (SIGA) berdasarkan teori Kirkpatrick di BKKBN DIY. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Model evaluasi yang digunakan yaitu Kirkpatrick pada level 3 perilaku (behavior) dan level 4 dampak (result). Subyek pada penelitian ini merupakan semua peserta program pelatihan pengelolaan Sistem Informasi Keluarga (SIGA) yaitu 29 orang peserta, 29 orang teman sejawat dari peserta dan 29 orang atasan dari peserta pelatihan. Pengumpulan data diperoleh melalui penilaian angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Angket disebarkan kepada peserta pelatihan, teman sejawat peserta pelatihan, serta atasan peserta pelatihan melalui google form. Validitas dalam penelitian ini adalah validitas isi yang dilakukan dengan mengkonsultasikan instrumen kepada dosen pembimbing. Sedangkan uji realibilitas menggunakan teknik alpha cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pada evaluasi level 3 yaitu perilaku (behavior) pada aspek sikap peserta sebelum dan sesudah pelatihan terdapat peningkatan sebanyak 18,39%. Aspek pengetahuan peserta sebelum dan sesudah pelatihan terdapat peningkatan sebanyak 16,02%, sedangkan pada aspek keterampilan peserta sebelum dan sesudah pelatihan meningkat sebanyak 19,69%. 2) Pada level 4 yaitu dampak (result) peserta menunjukkan bahwa pelatihan yang diselenggarakan telah berhasil dan mencapai tujuan dengan baik seperti terjadi perubahan lembaga ke arah positif dan perubahan terhadap peningkatan kinerja peserta pelatihan dengan didukung peningkatan sikap sehingga memperoleh kualitas kerja yang optimal.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, Kirkparick, pelatihan
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 21 Sep 2023 01:27
Last Modified: 21 Sep 2023 01:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77131

Actions (login required)

View Item View Item