Efek Kecepatan Lari dan Kelincahan Terhadap Kemampuan Bermain Tenis Meja Melalui Keterampilan Dasar Atlet Tenis Meja Di Kabupaten Sleman Tahun 2023

Listyaningtyas, Verdiana Argajati (2023) Efek Kecepatan Lari dan Kelincahan Terhadap Kemampuan Bermain Tenis Meja Melalui Keterampilan Dasar Atlet Tenis Meja Di Kabupaten Sleman Tahun 2023. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_verdiana argajati listyaningtyas_19602244054.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar efek kecepatan lari dan kelincahan terhadap kemampuan bermain tenis meja melalui keterampilan dasar tenis meja pada atlet tenis meja di Kabupaten Sleman. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik path analysis. Teknik pengambilan data menggunakan tes. Sampel pada penelitian ini adalah atlet klub Galaxy Star Sleman. Instrument tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes lari 20 meter, lari 30 meter, kelincahan t-test, shuttle run, reaktif agility, ketepatan forehand, ketepatan backhand, ketepatan service, dan tes kemampuan bermain tenis meja menggunakan sistem setengah kompetisi dengan satu set permainan. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa: (1) lari 20 meter memiliki kontribusi sebesar 35,7% dan terbukti berpengaruh terhadap kemampuan bermain tenis meja melalui keterampilan dasar tenis meja dan lari 30 meter memiliki kontribusi sebesar 0,7% dan tidak terbukti berpengaruh terhadap kemampuan bermain tenis meja melalui keterampilan dasar tenis meja. Maka dapat disimpulkan bahwa lari 20 meter lebih efektif digunakan untuk latihan kecepatan dalam tenis meja dibandingkan dengan lari 30 meter. (2) reaktif agility memiliki kontribusi sebesar 13,8% dan terbukti berpengaruh terhadap kemampuan bermain tenis meja melalui keterampilan dasar tenis meja, shuttle run memiliki kontribusi sebesar 20,0% dan terbukti berpengaruh terhadap kemampuan bermain tenis meja melalui keterampilan dasar tenis meja, t-test memiliki kontribusi sebesar 3,1% dan tidak terbukti berpengaruh terhadap kemampuan bermain tenis meja melalui keterampilan dasar tenis meja. Maka dapat disimpulkan bahwa reaktif agility dan shuttle run lebih efektif digunakan untuk latihan kelincahan dalam tenis meja dibandingkan dengan t-test.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Tomoliyus, M.S.
Uncontrolled Keywords: tenis meja, keterampilan, kecepatan, kelincahan
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 28 Mar 2023 06:12
Last Modified: 28 Mar 2023 06:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77107

Actions (login required)

View Item View Item