Pengaruh Proprioceptive Neuromuscular Facilitation (PNF) Terhadap Fleksibilitas Otot Tungkai Pemain Usia 10 Tahun di SSB Real Madrid Foundation UNY

Fahri, Lutfi Naziul (2023) Pengaruh Proprioceptive Neuromuscular Facilitation (PNF) Terhadap Fleksibilitas Otot Tungkai Pemain Usia 10 Tahun di SSB Real Madrid Foundation UNY. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_lutfi naziul fahri_19602244002.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh proprioceptive neuromuscular facilitation terhadap fleksibilitas otot tungkai pemain usia 10 tahun di SSB Real Madrid Foundation UNY. Karena fleksibilitas menjadi salah satu komponen penting sebagai penunjang bermain sepakbola yang dimaksudkan agar cakupan gerakan luas dan mengurangi resiko cidera. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pretest and postetest design. Populasi dalam penelitian ini adalah pemain dari SSB Real Madrid Foundation sejumlah 180 pemain. Teknik sampling menggunakan purposive sampling dengan kriteria usia 10 tahun sebanyak 20 pemain. Instrumen tes yang digunakan adalah sit and reach test dengan menggunakan alat flexometer. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji T (Paired Sample T Test) yang telah di uji normalitas menggunakan Shapiro-Wilk dan uji homogenitas menggunakan ANOVA menggunakan bantuan SPSS versi 26.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara pemberian proprioceptive neuromuscular facilitation terhadap peningkatan fleksibilitas otot tungkai pemain usia 10 tahun di SSB Real Madrid Foundation UNY dilihat dari kenaikan pada nilai rata-rata pada posttest yang dilakukan serta 16 dari 20 pemain mengalami peningkatan fleksibilitas otot tungkai.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Nawan Primasoni, M.Or.
Uncontrolled Keywords: sepakbola, proprioceptive neuromuscular facilitataion, fleksibilitas
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 09 Feb 2023 07:46
Last Modified: 09 Feb 2023 07:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76348

Actions (login required)

View Item View Item