Upaya Peningkatan Hasil Pembelajaran Lari Sprint 60 Meter Melalui Metode Bermain Pada Siswa Kelas IV di SD Negeri Selang Tahun Pelajaran 2021/2022

Prasetio, Didi (2022) Upaya Peningkatan Hasil Pembelajaran Lari Sprint 60 Meter Melalui Metode Bermain Pada Siswa Kelas IV di SD Negeri Selang Tahun Pelajaran 2021/2022. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_didi prasetio_15604221056.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari masih rendahnya lari sprint 60 meter siswa SD Negeri Selang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran lari sprint 60 meter melalui metode bermain pada siswa kelas IV SD Negeri Selang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Selang yang berjumlah 29 orang, yang terdiri dari 12 siswa putra dan 17 siswa putri. Untuk metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan lembar pengamatan yang dilakukan oleh kolaborator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode bermain dapat meningkatkan pembelajaran lari sprint 60 meter pada siswa kelas IV SD Negeri Selang. Berdasarkan hasil observasi yang sudah dilakukan oleh peneliti, terlihat adanya peningkatan, hasil evaluasi pada siklus 1 sebesar 63,45% siswa yang mendapatkan nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), dan pada siklus 2 hasil observasi yang dilakukan peneliti meningka 85,5% siswa yang mendapat nilai diatas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Eddy Purnomo, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: lari sprint 60 meter, metode bermain
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 26 Dec 2022 09:53
Last Modified: 26 Dec 2022 09:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75833

Actions (login required)

View Item View Item