EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DITINJAU DARI KREATIVITAS DAN KARAKTER SISWA DI SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA

Essy, Purwaningtyas (2012) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DITINJAU DARI KREATIVITAS DAN KARAKTER SISWA DI SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA. Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa. pp. 1-10. ISSN 978-979-16353-8-7

[img]
Preview
Text
P - 33.pdf

Download (116kB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) efektif diterapkan di SMP Negeri 15Yogyakartajikaditinjaudarikreativitasdankaraktersiswa. Desain penelitian untuk memperoleh data mengenai kreativitas siswa yaitu One-Shot Case Study, sedangkan untuk memperoleh data mengenai karaktersiswa menggunakan One Group Pretest-Postest Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPNegeri 15 Yogyakarta sebanyak 10 kelas dengan sampel penelitian yaitu kelas VII H. Faktor dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT), dengan responnya adalah kreativitas dan karakter. Kreativitas yang ditinjau dalam penelitian ini meliputi empat indikator, yaitu: 1) kemampuan berpikir lancar, 2) kemampuan berpikir luwes (fleksibel), 3) kemampuan berpikir original, 4) kemampuan merinci. Karakter yang ditinjau dalam penelitian ini meliputi empat indikator, yaitu: 1) tanggungjawab, 2), jujur 3) kratif, 4) menghormati/ menghargai. Instrumen penelitian untuk mengumpulkan data kreativitas siswa menggunakan tes berbentuk uraian, untuk data karakter menggunakan angket. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi dengan reliabilitas instrumen tes kreativitas tergolong tinggi dan reliabilitas instrumen angket karakter tergolong sangat tinggi. Uji hipotesis untuk data kreativitas siswa menggunakan uji proporsi dengan kriteria efektif jika persentase jumlah siswa yang mendapatkan nilai kreativitas di atas 70 minimal sebanyak 75%. Uji hipotesis untuk data karakter siswa menggunakan uji t untuk pengamatan berpasangan dengan kriteria efektif jika terdapat perbedaan yang signifikan pada rata-rata skor karakter akhir dan awal. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan taraf signifikansi 5% dapat disimpulkan bahwa: 1) model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) efektif diterapkan di SMP Negeri 15 Yogyakarta jika ditinjau dari kreativitas siswa; 2) model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) efektif diterapkan di SMP Negeri 15 Yogyakarta jika ditinjau dari karakter siswa. Kata kunci: Numbered Heads Together (NHT), kreativitas, karakter.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Numbered Heads Together (NHT), kreativitas, karakter
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2012
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ
Date Deposited: 27 Nov 2012 01:10
Last Modified: 27 Nov 2012 01:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7567

Actions (login required)

View Item View Item