Saputri, Novia Dwi (2022) PENGELOLAAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN SEKOLAH BERASRAMA (BOARDING SCHOOL) PADA MASA PANDEMI COVID-19 “Studi Kasus di Al Azhar Boarding School Yogyakarta dan Al Kahfi Islamic Boarding School Kebumen”. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Text
fulltext_novia dwi saputri_17101241054.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan media pembelajaran daring, dan strategi pada pengelolaannya di Al Azhar Boarding School Yogyakarta dan Al Kahfi Islamic Boarding School Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah 1 pendidik mata pelajaran PAI, Koordinator tim IT, 1 peserta didik kelas XI MIPA di Al Azhar Boarding School dan 1 pendidik mata pelajaran Matematika, 1 anggota tim IT, 1 peserta didik kelas XII IPS di Al Kahfi Islamic Boarding School. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, serta kesimpulan. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan proses pengelolaan media pembelajaran daring di Al Azhar Boarding School dan Al Kahfi Islamic Boarding School meggunakan media pembelajaran zoom, classroom, whatsapp group dengan metode daring yang kemudian beralih menjadi hybrid. Kendala yang terjadi terkait masalah jaringan kurang stabil, adaptasi siswa serta dukungan finansial orang tua. Strategi yang digunakan untuk mengatasi adalah menerapkan opsi alternatif aplikasi ringan, pendampingan proses pembelajaran dan fasilitas perangkat dari sekolah.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengelolaan, daring, boarding school |
Subjects: | Pendidikan > Manajemen Pendidikan Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Perpustakaan FIP |
Date Deposited: | 01 Dec 2022 03:27 |
Last Modified: | 01 Dec 2022 03:27 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75380 |
Actions (login required)
View Item |