STRATEGI PROMOSI LAYANAN “SARANA PEMINJAMAN DAN PENGEMBALIAN BUKU PUSTAKA TANPA TURUN DARI KENDARAAN“ (SAPA RATU) PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI PERPUSTAKAAN KOTA YOGYAKARTA

Fauziyah, Faizatul (2022) STRATEGI PROMOSI LAYANAN “SARANA PEMINJAMAN DAN PENGEMBALIAN BUKU PUSTAKA TANPA TURUN DARI KENDARAAN“ (SAPA RATU) PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI PERPUSTAKAAN KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_faizatul fauziyah_17101241053.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi perpustakaan Kota Yogyakarta dalam melakukan promosi layanan Sapa Ratu, hambatan serta bagaimana upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan dalam promosi strategi promosi layanan sapa ratu selama pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan pada penelitian ini adalah tim media sosial perpustakaan, petugas layanan Sapa Ratu, dan pengguna layanan Sapa Ratu. Data pada penelitian ini diperoleh dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti menjadi instrument utama dibantu dengan pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman, dengan uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) strategi pelaksanaan layanan Sapa Ratu meliputi perencanaan yang berisi menyiapkan materi, jadwal serta desain poster, pelaksanaan yang berupa mengunggah poster ke media sosial dan menanggapi komentar pada media sosial, serta evaluasi dengan melakukan briefing setiap pagi (2) hambatan yang ada berkaitan dengan SDM yang belum optimal, koordinasi antar petugas yang masih minim, strategi pelaksanaan yang masih belum terkonsep dengan rapi, dan tingkat literasi masyarakat yang rendah (3) strategi dalam menyelesaikan masalah dengan cara mengikutsertakan pustakawan dalam diklat, meningkatkan koordinasi melalui komunikasi langsung maupun menggunakan media, mengadakan evaluasi secara rutin untuk meninkatkan kinerja, dan tersedianya website resmi serta akun media sosial sebagai bahan bahan literasi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perpustakaan, Promosi, Pandemi Covid-19
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 01 Dec 2022 01:31
Last Modified: 01 Dec 2022 01:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75376

Actions (login required)

View Item View Item