KOORDINASI ANTARA SEKOLAH DENGAN ORANGTUA SISWA DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP N 3 KEDU JAWA TENGAH

Ufa, Dea Faria (2021) KOORDINASI ANTARA SEKOLAH DENGAN ORANGTUA SISWA DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP N 3 KEDU JAWA TENGAH. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_dea faria ufa_17101244027.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) cara sekolah koordinasi dengan orangtua siswa, (2) hambatan dalam koordinasi dengan orangtua siswa, dan (3) upaya sekolah untuk mengatasi hambatan dalam koordinasi dengan orangtua siswa dalam pembelajaran daring di SMP N 3 Kedu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan pada penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru BK, wali kelas, dan satu perwakilan orangtua masing-masing kelas SMP N 3 Kedu. Data penelitian ini diperoleh dengan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) cara sekolah dalam koordinasi dengan orangtua siswa dengan cara mengadakan pertemuan baik secara formal maupun non formal. (2) hambatan dalam koordinasi dengan orangtua meliputi hambatan teknis, hambatan semantik, dan hambatan manusiawi. (3) upaya sekolah untuk mengatasi hambatan teknis dengan mengadakan rapat secara langsung dan home visit, sedangkan untuk mengatasi hambatan semantik dengan kegiatan parenting dan melibatkan orangtua dalam mendampingi pembelajaran siswa dirumah, dan untuk mengatasi hambatan manusiawi dengan cara melibatkan komite sekolah dalam pengambilan keputusan sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: cara koordinasi, hambatan, upaya mengatasi hambatan
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 17 Nov 2022 04:49
Last Modified: 09 Dec 2022 07:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75152

Actions (login required)

View Item View Item