Pandansari, Olivia (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD GUNTURAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Text
Olivia Pandansari.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Gunturan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasi Experimental tipe Nonequivalent Control Group Design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran kontekstual dan variabel terikat yaitu hasil belajar IPS siswa kelas V SD Gunturan. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Gunturan yang berjumlah 44 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan metode tes dan dokumentasi. Instrumen untuk mengukur hasil belajar IPS siswa menggunakan pre-test dan post-test yang berbentuk tes objektif. Validitas instrumen tes diuji dengan menggunakan pengujian validitas isi dan untuk mengetahui reliabilitasnya diuji dengan rumus KR.20. Teknik analisis data menggunakan t-test dan regresi linear sederhana, yang sebelumnya telah diketahui normalitas dan homogenitasnya. Pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pre-test sebesar 71,14 dan nilai post-test sebesar 88,18. Pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pre-test sebesar 74,55 dan nilai post-test sebesar 79,55. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisiensi korelasi atau hubungan (R) sebesar 0,654. Nilai korelasi (R) sebesar 0,654 ini mengandung arti bahwa variabel model pembelajaran kontekstual dan hasil belajar IPS siswa memiliki hubungan sebesar 0,428. Kemudian diketahui nilai R square sebesar 0,428. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kontekstual memberikan pengaruh sebesar 42,8% terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Gunturan. Kata kunci: model pembelajaran kontekstual, hasil belajar IPS
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan IPS Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 14 Nov 2022 02:10 |
Last Modified: | 14 Nov 2022 02:10 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75054 |
Actions (login required)
View Item |