PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LUKEMAS (LUDO KEBERAGAMAN NASIONAL) PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 1 KARANGSAMBUNG

Prayoga, Irvian Satria (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LUKEMAS (LUDO KEBERAGAMAN NASIONAL) PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 1 KARANGSAMBUNG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Irvian Satria Prayoga.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penemuan masalah melalui kegiatan observasi dan wawancara pada pembelajaran IPS kelas IV di SD Negeri 1, Karangsambung. Melalui kegiatan observasi ditemukan bahwa 44,44% dari total jumlah 27 siswa mendapatkan nilai ulangan dibawah KKM. Hal ini menunjukkan rendahnya tingkat pemahaman siswa pada pembelajaran IPS materi keberagaman nasional. Selain itu, melalui wawancara yang dilakukan dengan guru wali kelas dan perwakilan siswa kelas IV SD menyatakan bahwa siswa akan lebih mudah dalam memahami materi jika ada media pembelajaran yang berbasis permainan, sehingga siwsa juga dapat terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Melalui penemuan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran LUKEMAS (Ludo Keberagaman Nasional) yang layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau research and development yang melalui 8 dari 10 langkah penelitian model Borg & Gall. Langkah- langkah yang dilakukan yakni pengumpulan data, perencanaan pembuatan produk, pengembangan draf produk, validasi ahli, uji coba lapangan awal, produk, uji coba lapangan, dan revisi produk akhir. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Karangsambung pada siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa media LUKEMAS (Ludo Keberagaman Nasional) layak digunakan untuk siswa sekolah dasar kelas IV. Produk penelitian telah melalui tahap penilaian validasi dari ahli materi dan ahli media, uji coba produk, dan uji coba pemakaian. Hasil validasi dari ahli materi memperoleh skor rata-rata 4.067 dengan kriteria “baik’’. Hasil validasi dari ahli media memperoleh skor rata-rata 4.53 dengan kriteria “sangat baik”. Hasil uji pemakaian memperoleh skor rata-rata 4.7 dengan kriteria “sangat baik”. Hasil uji coba pemakaian mempeoleh skor rata-rata 4.79 dengan kriteria “sangat baik”. Kata Kunci: media pembelajaran, ludo, kebudayaan, pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 08 Nov 2022 07:41
Last Modified: 08 Nov 2022 07:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74985

Actions (login required)

View Item View Item