UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN FPB DAN KPK PADA SISWA KELAS IV SD ILMU BINA SELAMAT SLEMAN

Latifah, Mariah (2022) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN FPB DAN KPK PADA SISWA KELAS IV SD ILMU BINA SELAMAT SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Mariah Latifah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkat hasil belajar matematika dengan menggunakan media papan FPB dan KPK pada kelas IV di SD Ilmu Bina Selamat Niron, Pandowoharjo, Sleman, Yogyakarta. Berdasarkan data nilai yang diberikan sekolah, rata-rata nilai matematika paling rendah dibandingkan mata pelajaran lainnya. Khususnya pada materi FPB dan KPK sehingga perlu diberikan tindakan yang tepat. Untuk meningkatkan hasil belajar hendaknya juga meningkatkan kualitas proses pembelajarannya. Proses pembelajaran yang berkualitas akan berdampak pada hasil belajar yang baik pula. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK), menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart melalui empat tahapan yaitu tahap perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi pada setiap siklusnya. Pada penelitian ini dilaksanakan dua siklus dengan dua pertemuan pada setiap siklusnya. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Ilmu Bina Selamat sejumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif deskriptif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan adalah ≥75% dari jumlah siswa telah mencapai KKM yang ditentukan yaitu 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media papan FPB dan KPK pada dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Ilmu Bina Selamat. Saat dilaksanakan Pra Siklus, nilai hasil belajar siswa belum ada (0,00%) yang mencapai KKM. Pada siklus I kegiatan siswa menunjukkan persentase 63,27% dan kegiatan guru 100%, dan hasil belajar rata-rata siswa 76,03 dengan 18 siswa tuntas (62,07%). Pada siklus II kegiatan siswa menunjukkan persentase 81,20% kegiatan guru 100%, dan hasil belajar rata-rata siswa 86,72 dengan 25 siswa tuntas (86,21%). Berdasarkan hasil yanyang diperoleh tersebut, maka penelitian dianggap berhasil. Kata kunci: Hasil Belajar Matematika, Media Papan FPB dan KPK

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 03 Nov 2022 06:10
Last Modified: 03 Nov 2022 06:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74917

Actions (login required)

View Item View Item