PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP DISIPLIN KERJA PEGAWAI DI DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA KABUPATEN BANTUL

Meilinda, Techa Dewi (2019) PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP DISIPLIN KERJA PEGAWAI DI DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_techa dewi meilinda_14101244011.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh lingkungan kerja terhadap disiplin kerja pegawai di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bantul, 2) pengaruh motivasi kerja terhadap disiplin kerja pegawai di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bantul, dan 3) pengaruh lingkungan kerja dan motivasi kerja terhadap disiplin kerja pegawai di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bantul. Penelitian ini termasuk penelitian asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh pegawai di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bantul berjumlah 161 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling diperoleh sebanyak 40 orang. Data dikumpulkan dengan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin kerja pegawai DINDIKPORA Kabupaten Bantul dengan hasil uji-t sebesar 3,034 yang telah melewati batas t-tabel yaitu sebesar 2,026 dan R2 sebesar 0,195; (2) motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin kerja pegawai DINDIKPORA Kabupaten Bantul dengan hasil uji-t sebesar 6,505 yang telah melewati batas t-tabel yaitu sebesar 2,026 dan R2 sebesar 0,527; (3) lingkungan kerja dan motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin kerja pegawai DINDIKPORA Kabupaten Bantul hasil uji simultan (Uji-F) yang di dapat sebesar 20,776 yang telah melewati batas f-tabel yang sebesar 3,24 dan R2 yang didapat sebesar 0,529. Hal ini menunjukkan bahwa disiplin kerja pegawai di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bantul dipengaruhi oleh lingkungan kerja dan motivasi kerja sebesar 52,9% sedangkan sisanya 47,1 % dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Kerja, Motivasi Kerja, dan Disiplin Kerja
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 03 Nov 2022 04:58
Last Modified: 03 Nov 2022 04:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74907

Actions (login required)

View Item View Item