PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN LAHAT

Putra, Yuga Dwi (2019) PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN LAHAT. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_yuga dwi putra_15101241014 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap kinerja pegawai di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lahat. (2) Pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja pegawai di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lahat. (3) Pengaruh kepemimpinan transformasional dan motivasi kerja terhadap kinerja pegawai di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lahat. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah pegawai di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lahat sebanyak 126 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Kepemimpinan transformasional berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai, yang ditunjukkan dengan hasil analisis regresi β = 0,140 dengan nilai signifikansi 0,034 (p<0,05). (2) Motivasi kerja berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai , yang ditunjukkan dengan hasil analisis regresi β = 0,334 dengan nilai signifikansi 0,001 (p<0,05). (3) Kepemimpinan transformasional dan motivasi kerja secara simultan berpengaruh terhadap kinerja pegawai, yang ditunjukkan dengan hasil analisis regresi signifikansi 0,000 < 0,05. Kontribusi kepemimpinan transformasional dan motivasi kerja menyumbang sebesar (R2 ) 0,206 atau 20,6%. Dengan demikian pengaruh kepemimpinan transformasional dan motivasi kerja diharapkan dapat menjadi salah satu acuan bentuk jenis kepemimpinan dan cara untuk meningkatkan kinerja pegawai.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan transformasional, Motivasi kerja, dan Kinerja pegawai.
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 03 Nov 2022 02:24
Last Modified: 03 Nov 2022 02:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74879

Actions (login required)

View Item View Item