Pengembangan Model Permainan Tradisional Engklek Menggunakan Musik Untuk Pembelajaran Gerak Dasar Lompat Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Sedayu Kecamatan Slogohimo Kabupaten Wonogiri

Nurrahman, Seta (2022) Pengembangan Model Permainan Tradisional Engklek Menggunakan Musik Untuk Pembelajaran Gerak Dasar Lompat Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Sedayu Kecamatan Slogohimo Kabupaten Wonogiri. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_seta nurrahman_18604224022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi belum digunakannya media pembelajaran dalam pembelajaran gerak dasar lompat untuk siswa kelas V SDN 1 Sedayu Kecamatan Slogohimo Kabupaten Wonogiri. Penelitian ini bertujuan mengetahui kebutuhan dalam permainan tradisional engklek untuk mengembangkan kemampuan ‘gerak dasar lompat’ pada siswa kelas V SDN 1 Sedayu Kecamatan Slogohimo Kabupaten Wonogiri. Jenis penelitian ini adalah penelitian penelitian pengembangan atau dikenal dengan penelitian R&D (Research and Development). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara dan kuesioner sejumlah 16 butir yang disebarkan kepada siswa kelas V SDN 1 Sedayu Kecamatan Slogohimo Kabupaten Wonogiri. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Sedayu Kecamatan Slogohimo Kabupaten Wonogiri. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif lalu dituangkan dalam bentuk persentase dan menggunakan prosedur pengembangan dalam penelitian ini menggunakan langkah-langkah hasil adaptasi dari Sugiyono (2012:295) dimana ada 10 tahapan dalam pengembangan. Hasil dari penelitian adalah produk berupa media pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan materi gerak dasar lompat untuk siswa kelas V SD Negeri 1 Sedayu Kecamatan Slogohimo Kabupaten Wonogiri dengan permainan tradisional engklek menggunakan musik. Berdasarkan hasil uji coba kelayakan produk dengan hasil yang diperoleh bahwa media pembelajaran permainan tradisional Engklek dengan lagu anak-anak dalam kategori “Sangat Baik” sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Hari Yuliarto, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: permainan tradisional engklek, gerak dasar lompat, SDN 1 Sedayu
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 26 Oct 2022 09:32
Last Modified: 26 Oct 2022 09:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74752

Actions (login required)

View Item View Item