Evaluasi Kinerja Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK Kompetensi Keahlian Teknik Bisnis Sepeda Motor di Kabupaten Sleman.

Kurniawan, Rio and Jaedun, Amat (2022) Evaluasi Kinerja Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK Kompetensi Keahlian Teknik Bisnis Sepeda Motor di Kabupaten Sleman. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-rio kurniawan-20702259002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja bursa kerja khusus (BKK) sekolah menengah kejuruan (SMK) kompetensi keahlian teknik bisnis sepeda motor di Kabupaten Sleman dilihat dari dimensi input, proses, output, dan outcome. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model discrepancy. Penelitian dilakukan di SMK pada program keahlian teknik dan bisnis sepeda motor (TBSM) di Kabupaten Sleman. Subjek dalam penelitian ini adalah pengurus BKK dan siswa kelas XII jurusan TBSM. Penentuan sampel dilakukan pada responden siswa dengan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode inventori, lembar observasi, lembar dokumentasi, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Dimensi input secara umum kinerja BKK rendah, dengan discrepancy 59,06% (tinggi), dengan rincian: (1) BKK SMKN 1 Seyegan kategori baik dengan discrepancy 13,04% (sangat rendah); (2) SMKS Deponogoro Depok kategori rendah dengan discrepancy 68,12% (tinggi); (3) SMKS Muhammadiyah Prambanan kategori rendah dengan discrepancy 71,01% (tinggi); (4) SMKS Muhammadiyah Seyegan kategori sangat rendah dengan discrepancy 84,06% (sangat tinggi). Dimensi proses, secara umum kinerja rendah, dengan discrepancy 60,20% (tinggi), dengan rincian: (1) BKK SMKN 1 Seyegan kategori sangat baik dengan discrepancy 19,54% (sangat rendah); (2) SMKS Deponogoro Depok kategori rendah dengan discrepancy 62,07% (tinggi); (3) SMKS Muhammadiyah Prambanan kategori rendah dengan discrepancy 64,37% (tinggi); (4) SMKS Muhammadiyah Seyegan kategori sangat rendah dengan discrepancy 91,95% (sangat tinggi). Dimensi output, secara umum kinerja rendah, dengan discrepancy 64,58% (tinggi), dengan rincian: (1) BKK SMKN 1 Seyegan kategori baik dengan discrepancy 33,3% (sangat rendah); (2) SMKS Deponogoro Depok kategori rendah dengan discrepancy sebesar 69,4% (tinggi); (3) SMKS Muhammadiyah Prambanan kategori rendah dengan discrepancy sebesar 63,9% (tinggi); (4) SMKS Muhammadiyah Seyegan kategori sangat rendah dengan discrepancy sebesar 91,7% (sangat tinggi). Dimensi outcome, secara umum kinerja rendah, dengan discrepancy 72,22% (tinggi), dengan rincian: (1) BKK SMKN 1 Seyegan kategori baik dengan discrepancy 27,78% (rendah); (2) SMKS Deponogoro Depok kategori sangat rendah dengan discrepancy sebesar 77,78% (sangat tinggi); (3) SMKS Muhammadiyah Prambanan kategori sangat rendah dengan discrepancy sebesar 83,33% (sangat tinggi); (4) SMKS Muhammadiyah Seyegan kategori sangat rendah dengan discrepancy sebesar 100% (sangat tinggi).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: bursa kerja khusus, input, kinerja, outcome, output, proses
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Oct 2022 03:07
Last Modified: 10 Oct 2022 03:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74594

Actions (login required)

View Item View Item