Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua, Minat Belajar, dan Motivasi Belajar Siswa Terhapa Prestasi Belajar Penjas Selama Pembelajaran Daring di SMP Negeri 2 Srumbung

Putra, Eka Permana (2022) Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua, Minat Belajar, dan Motivasi Belajar Siswa Terhapa Prestasi Belajar Penjas Selama Pembelajaran Daring di SMP Negeri 2 Srumbung. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_eka permana putra_20733251031.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua, Minat Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Penjas Penjas Selama Pembelajaran Daring Di SMP Negeri 2 Srumbung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian ex-postfacto. Populasi Penelitian ini berjumlah 195 siswa, yaitu siswa kelas VII dan VIII SMP Negeri 2 Srumbung. Teknik sampling pada penelitian ini menggunakan Proportionate Stratified Random Sampling. Hasil penelitian menunjukan 1) Nilai signifikansi dukungan sosial orang tua sebesar 0,000. Karena nilai Sig. 0,000 < probabilitas 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif antara dukungan sosial orang tua terhadap prestasi belajar.2) Nilai signifikansi minat belajar adalah sebesar 0,000. Karena nilai Sig. 0,000 < probabilitas 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif antara minat belajar terhadap prestasi belajar. 3) Nilai signifikansi motivasi belajar adalah sebesar 0,000. Karena nilai Sig. 0,000 < probabilitas 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar. 4) Berdasarkan perhitungan koefisien determinan (R2) diketahui R sebesar 0,690 menunjukkan bahwa hubungan antar variabel dukungan sosial orang tua, minat belajar dan motivasi belajar siswa memiliki hubungan yang erat terhadap prestasi belajar penjas selama pembelajaran daring di SMP Negeri 2 Srumbung. Nilai Adjusted R Square = 0,477 berarti 47,7% prestasi belajar dapat dijelaskan oleh variabel dukungan sosial orang tua, minat belajar dan motivasi belajar siswa. Sedangkan sisanya 52,3% dapat dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Agus Susworo Dwi Marhaendro, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: dukungan sosial orang tua, minat belajar, motivasi belajar, prestasi belajar, Penjas, pembelajaran daring
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 10 Aug 2022 02:58
Last Modified: 10 Aug 2022 02:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73821

Actions (login required)

View Item View Item