MANAJEMEN PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN KELOMPOK BELAJAR PAKET C DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) MANDIRI DAN PERSADA KABUPATEN BANTUL

Nuzula, Zidni (2022) MANAJEMEN PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN KELOMPOK BELAJAR PAKET C DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) MANDIRI DAN PERSADA KABUPATEN BANTUL. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_zidni nuzula_17703251014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara mendalam Manajemen Program Pendidikan Kesetaraan Kelompok Belajar Paket C di Pusat Kegaiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Mandiri dan Persada Kabupaten Bantul dilihat dari komponen perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang mengacu pada Standar Pengelolaan Pendidikan oleh Satuan Pendidikan Nonformal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari pengelola, tutor, warga belajar serta masyarakat. Penelitian ini menggunakan wawancara terbuka, observasi, dan studi dokumentasi untuk mendapatkan informasi yang mendalam di PKBM Mandiri dan PKBM Persada Kabupaten Bantul. Teknik analisis yang digunakan menggunakan teknik analisis interaktif dari Miles Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) perencanaan program pendidikan kesetaraan di PKBM Mandiri dan Persada Kabupaten Bantul dimulai dengan analisis kebutuhan masyarakat dengan memperhatikan perkembangan di lingkungan sekitar. Analisis kebutuhan dilakukan melalui rapat koordinasi dengan pengelola, tutor, komite serta tokoh masyarakat di sekitar PKBM Mandiri dan PKBM Persada. Program yang sudah disusun disosialisasikan kepada pihak yang berkepentingan yakni dari satuan pendidikan maupaun masyarakat sekitar. (2) Pelaksanaan rencana kerja kelompok belajar paket C (setara SMA/MA) di PKBM Mandiri dan PKBM Persada dilaksanakan sesuai dengan rencana awal dengan memperhatikan kondisi yang berkembang. PKBM Mandiri dapat memberikan layanan yang optimal dengan dukungan fasilitas yang lengkap namun di PKBM Persada program kegiatan tidak bisa berjalan sesuai harapan karena minimnya Sumber Daya Manusia (SDM) serta fasilitas yang dimiliki. Selain itu dalam pengelolaan organisasi, kedua PKBM diketahui belum melaksanakan pembaharuan kepengurusan selama lebih dari sepuluh (10) tahun sehingga menghambat perkembangan lembaga khususnya dalam pengelolaan program kesetaraan kelompok belajar Paket C di PKBM Mandiri dan PKBM Persada. (3) Evaluasi di program kesetaraan kelompok belajar paket C (setara SMA/MA) mencakup evaluasi terkait sistem pembelajaran, evaluasi pengelola, tutor, serta warga belajar yang dilaksanakan dalam waktu bulanan, semester dan tahunan. Tujuan dilaksanakan evaluasi yakni untuk mengukur tingkat keberhasilan dalam pelaksanaan progam pendidikan kesetaraan serta digunakan sebagai acuan dalam malaksanakan dan menyusun kegiatan berikutnya.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Planning, Implementation, Evaluation, Community Learning Activity Center, Equality Program.
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 28 Jun 2022 02:11
Last Modified: 15 Aug 2022 02:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73544

Actions (login required)

View Item View Item