MANAJEMEN PRAKTIK KERJA LAPANGAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMK NEGERI KOTA YOGYAKARTA

MUKARROMAH, UMMI (2022) MANAJEMEN PRAKTIK KERJA LAPANGAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMK NEGERI KOTA YOGYAKARTA. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_ummi mukarromah_19703251035.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB)

Abstract

Kajian Praktik Kerja Lapangan (PKL) pada masa pandemi di SMK Negeri Kota Yogyakarta, secara khusus belum ditemukan dan memerlukan manajemen baru. Tujuan penelitian ini ialah: 1) mengetahui perencanaan program praktik kerja lapangan di masa pandemi covid-19; 2) menemukan pola pengorganisasian program praktik kerja lapangan di masa pandemi covid-19; 3) menemukan pola pelaksanaan praktik kerja lapangan di masa pandemi covid-19; 4) menggambarkan pola pengawasan program praktik kerja lapangan pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Fokus kajian penelitian ialah manajemen program PKL mencakup perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan pada semua program keahlian di dua SMK Negeri Kota Yogyakarta yang melaksanakan PKL di masa pandemi Covid-19. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas wakil kepala sekolah bidang humas, koordinator PKL sekolah dan tim, kepala program keahlian, koordinator PKL program keahlian, guru pembimbing PKL dan siswa kelas XII Tahun Ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data penelitian menggunakan triangulasi sumber penelitian Hasil penelitian menunjukan bahwa: Perencanaan PKL di SMKN 6 Yogyakarta bersifat desentralisasi berupa penyelarasan tujuan, strategi dan kegiatan dengan kurikulum yang berlaku, menentukan pedoman/ ketentuan pelaksanaan program dan melakukan perjanjian kerjasama dengan mitra industri. Sedangkan perencanaan PKL di SMKN 3 Yogyakarta bersifat sentralisasi menggunakan strategi yang sama dengan kegiatan PKL pada masa normal. Pengorganisasian di SMKN 6 Yogyakarta dilakukan oleh Waka Humas dan Tim PKL tingkat sekolah serta tim PKL tingkat program keahlian untuk membentuk kelompok PKL. Sedangkan Proses pengorgansasian PKL SMKN 3 Yogyakarta dilaksanakan oleh Waka Humas dan coordinator PKL untuk membentuk tim/kelompok kerja dan melakukan pembagian tugas kepada tim. Pelaksanaan PKL dilaksanakan dengan 3 pilihan yang diterapkan pada jurusan di SMKN 6 Yogyakarta dan 1 alternatif pilihan PKL yang diterapkan di SMKN 3 Yogyakarta. Pengawasan dikedua sekolah dilaksanakan secara administratif dan non- administratif. Manajemen PKL pada masa pandemi dikedua sekolah dilaksanakan sebagai bentuk respon terhadap kondisi darurat yang menghambat pendidikan di Indonesia.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Fieldwork, Planning, Organizing, Implementation, Supervision
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 28 Jun 2022 02:08
Last Modified: 18 Jul 2022 02:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73543

Actions (login required)

View Item View Item