PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, LINGKUNGAN KERJA DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR (SD) NEGERI DI KULON PROGO

DWININGTYAS, QORI CAHYA (2021) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, LINGKUNGAN KERJA DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR (SD) NEGERI DI KULON PROGO. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_qori cahya dwiningtyas_17703251009 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (27MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) lingkungan keluarga terhadap kinerja guru; (2) lingkungan kerja terhadap kinerja guru, (3) kompetensi guru terhadap kinerja guru, (4) lingkungan keluarga, lingkungan kerja, dan kompetensi guru secara bersama-sama terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode survei. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri di Kulon Progo dengan populasi 652 orang guru. Sampel sejumlah 227 orang guru ditentukan dengan menggunakan teknik multistage sampling dengan tabel bantu Isaac dan Michael dengan tingkat kesalahan 5%. Pengumpulan data menggunakan angket dengan skala penilaian 1 sampai 4. Analisis data menggunakan regresi linier, regresi berganda, dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Terdapat pengaruh lingkungan keluarga terhadap kinerja guru dengan kontribusi sebesar 25,9%. (2) Terdapat pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja guru dengan kontribusi sebesar 3%. (3) Terdapat pengaruh kompetensi guru terhadap kinerja guru dengan kontribusi sebesar 70%. (4) Terdapat pengaruh lingkungan keluarga, lingkungan kerja, dan kompetensi guru terhadap kinerja guru dengan kontribusi sebesar 71,7%. (5) Pengaruh langsung lingkungan keluarga terhadap kinerja guru sebesar 1,2%. (6) Pengaruh langsung lingkungan kerja terhadap kinerja guru sebesar 1,1%. (7) Pengaruh langsung kompetensi guru terhadap kinerja guru sebesar 65,4%. (8) Pengaruh tidak langsung lingkungan keluarga terhadap kinerja guru sebesar 4,8%. (9) Pengaruh tidak langsung lingkungan kerja terhadap kinerja guru sebesar 2,6%. Semakin kondusif lingkungan keluarga dan lingkungan kerja serta semakin tinggi kompetensi guru maka kinerja guru akan semakin meningkat.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: family environment, work environment, teacher competence, teacher performance
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 28 Jun 2022 01:38
Last Modified: 18 Jul 2022 02:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73532

Actions (login required)

View Item View Item