PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, BUDAYA SEKOLAH, DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP MUTU SEKOLAH DI SMP NEGERI KABUPATEN PURWOREJO

Pangeling, Hastomo Aji (2022) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, BUDAYA SEKOLAH, DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP MUTU SEKOLAH DI SMP NEGERI KABUPATEN PURWOREJO. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_hastomo aji pangeling_18703254006.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, budaya sekolah, dan motivasi kerja guru terhadap mutu sekolah di SMP Negeri Kabupaten Purworejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif. Penelitian ini menggunakan strategi survey dengan menggunakan kuisioner sebagai instrumen penelitian. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh guru dari lima SMP Negeri di Kabupaten Purworejo yang berjumlah 172 orang. Sampel diambil dengan teknik probability sampling dan menghasilkan 120 orang guru dari lima SMP Negeri tersebut. Terkait pengumpulan data, angket berisikan validitas item dengan pertimbangan ahli dan uji empirik digunakan untuk menunjang penelitian. Uji validitas dan reabilitas dilakukan dengan bantuan komputer menggunakan aplikasi SPSS 23 dan uji hipotesis menggunakan aplikasi program R. Hasil pengujian menunjukkan (1) Kepemimpinan kepala sekolah mempunyai pengaruh positif terhadap mutu sekolah dengan nilai uji t sebesar 7,215 > 0,67705, (2) Budaya sekolah mempunyai pengaruh positif terhadap mutu sekolah dengan nilai uji t sebesar 1,859 > 0,67705, (3) Motivasi kerja guru mempunyai pengaruh yang positif terhadap mutu sekolah dengan nilai uji t sebesar 5,39 > 0,67705, (4) Kepemimpinan kepala sekolah, budaya sekolah, dan motivasi kerja guru secara bersama–sama mempunyai pengaruh positif terhadap mutu sekolah dengan uji F sebesar 128,71 > 2,70 dan hasil uji koefisien determinasi dapat mempengaruhi mutu sekolah sebesar 8,2%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Principal leadership, organizational culture, teacher work motivation, school’s quality
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 23 Jun 2022 01:33
Last Modified: 18 Jul 2022 03:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73487

Actions (login required)

View Item View Item