PENGEMBANGAN SCHOOL BRANDING DALAM PERSPEKTIF MCKINSEY 7S FRAMEWORKS DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH SOKONANDI KOTA YOGYAKARTA

Ainunnisa, Azifa Ulya (2022) PENGEMBANGAN SCHOOL BRANDING DALAM PERSPEKTIF MCKINSEY 7S FRAMEWORKS DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH SOKONANDI KOTA YOGYAKARTA. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_azifa ulya ainunnisa_19703251006.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan d ari penelit ian ini ad alah unt uk mend eskripsikan mengenai pengembangan school branding dalam perspektif McKinsey 7s frameworks di SD Muhammadiyah Sokonandi Kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif d engan pend ekatan deskriptif. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan studi dokumen. Penelitian dilakukan di SD Muhammadiyah Sokonandi Kota Yogyakarta. Sumber data primer berasal dari Kepala Dasar SD Muhammadiyah Sokonandi, sedangkan sumber data sekunder berasal dari guru, staff, maupun stakeholder sekolah. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumen. Data dianalisis menggunakan Miles & Huberman yaitu dengan teknik analisis berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan terhadap data yang dilakukan secara terus menerus sampai dengan data yang diperoleh mengalami kejenuhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan school branding dalam perspektif McKinsey 7s frameworks di SD Muhammadiyah Sokonandi adalah sebagai berikut. (1) Shared value dengan tagline “Smart, Religi, and Fun” untuk mencerminkan kecerdasan, akhlak, dan pembelajaran yang menyenangkan serta menciptakan loyalitas terhadap sekolah. (2) Strategi sekolah dalam branding menciptakan multi intelegensi siswa d an mewujud kan visi misi tujuan Muhammadiyah dalam dakwah, kaderisasi, dan mencerdaskan anak bangsa. (3) Struktur organisasi untuk pengembangan school branding dengan adanya enam bid ang koord inat or yait u agama, sarana prasarana, hubungan masyarakat , kesiswaan, LAZIS, dan SDM serta keterikatan IKWAM dengan sekolah. (4) Sist em sekolah yang merupakan inf ormasi lengkap d alam pelaksanaan pengembangan school branding d ari perencanaan sampai d engan evaluasi berbagai sistem sekolah serta adanya pengembangan sistem teknologi internal sekolah. (5) Perekrut an st af d isesuaikan at as kebut uhan sekolah d alam menciptakan proses pembelajaran berbasis mutu pendidikan. (6) Pengembangan keterampilan staf melalui workshop, seminar, maupun pelatihan untuk meningkatkan ide maupun kreativitas dalam meningkatkan mutu pendidikan. (7) Kepala sekolah menggunakan komunikasi dua arah untuk menerima ide, kritik, maupun saran yang bersif at d ari at as ke baw ah at aupun baw ah ke at as. Pengembangan school branding dengan pemanfaatan sumber daya yang dimiliki oleh sekolah t erd apat peran I PM (I kat an Pelajar Muhammad iyah) yang menggunakan word of mouth untuk menciptakan citra sekolah yang lebih positif.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: development of school branding; mckinsey 7s frameworks; primary school
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 23 Jun 2022 01:20
Last Modified: 18 Jul 2022 03:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73478

Actions (login required)

View Item View Item