MANAJEMEN KURIKULUM TERINTEGRASI (INTERNASIONAL DAN NASIONAL) DI SMA KESATUAN BANGSA YOGYAKARTA

ZAMRONI, YARIS SHIDIQ (2022) MANAJEMEN KURIKULUM TERINTEGRASI (INTERNASIONAL DAN NASIONAL) DI SMA KESATUAN BANGSA YOGYAKARTA. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_yaris shidiq zamroni_17703251012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan menganailis manajemen kurikulum terintegrasi antara kurikulum Internasional dan Nasional di SMA Kesatuan Bangsa Yogyakarta dari segi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2018 sampai dengan bulan Februari 2021 di SMA Kesatuan Bangsa Yogyakarta dengan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Key Informant dalam penelitian ini adalah kepala sekolah; direktur akademik; koordinator Cambridge Curriculum. Pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi dengan purposive sampling dan teknik snowball. Peneliti sebagai instrumen penelitian memanfaatkan panduan wawancara, lembar observasi, dan check list dokumen. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles, Huberman, & Saldana, yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: manajemen kurikulum rerintegrasi antara kurikulum Internasional dan Nasional meliputi; perencanaan kurikulum terintegrasi dilakukan dengan memadukan materi pelajaran masing-masing subjek yang dipimpin oleh kepala departemen yang menghasilkan silabus dan juga rencana pembelajaran yang akan digunakan dalam satu tahun ajaran; kurikulum terintegrasai dilaksanakan bersama-sama karena materi pada setiap subjek pada kurikulum internasional dan kurikulum nasional saling beririsan dan memiliki similarity lebih dari 90%; evaluasi pembelajaran pada dua kurikulum memiliki perbedaan waktu evaluasi. Efektivitas penggunaan kurikulum Cambridge dilihat dari kegunaan sertifikat ujian untuk siswa SMA Kesatuan Bangsa kurang efektif, karena jumlah siswa yang menggunakan hasilnya tidak lebih dari 5% untuk setiap tahunnya.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: integrated curriculum management, national curriculum, international curriculum
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 14 Jun 2022 07:35
Last Modified: 18 Jul 2022 06:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73394

Actions (login required)

View Item View Item